Sukses

Masuki Gelombang Ketiga Pandemi, 12 Negara di Eropa Ini Kembali Berlakukan Lockdown

Negara-negara di Eropa kembali memberlakukan lockdown akibat pandemi gelombang ketiga.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye vaksinasi COVID-19 di Eropa telah mengalami penundaan dan jumlah infeksi meningkat di banyak negara.

Selain itu, ancaman mutasi virus baru juga menggemparkan negara-negara di Eropa. 

Akibatnya, banyak negara di Eropa kembali memberlakukan lockdown dan sejumlah aturan pembatasan lainnya. 

Mengutip BBC, Jumat (26/3/2021), berikut adalah sejumlah negara di Eropa yang kembali memberlakukan dan memperpanjang lockdown di negaranya masing-masing:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Jerman

Jerman telah memperpanjang aturan pembatasannya saat ini hingga 18 April 2021.

Namun, penutupan nasional lima hari yang direncanakan pada awal April kini telah dibatalkan setelah rencana itu dikritik secara luas. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan itu adalah "kesalahan" untuk mencoba memperkenalkan langkah-langkah tambahan dalam waktu sesingkat itu.

Pembukaan kembali lebih lanjut juga akan dihentikan di daerah di mana infeksi melebihi 100 kasus baru per 100.000 orang selama periode tujuh hari.

Orang-orang sekarang harus memakai masker medis, seperti masker bedah sekali pakai atau respirator filter wajah (dikenal sebagai masker FFP2), di toko-toko dan di transportasi umum.

3 dari 13 halaman

2. Prancis

Paris memasuki penguncian selama sebulan, bersama dengan beberapa wilayah lain di utara dan selatan.

Sebanyak sekitar 21 juta orang di 16 wilayah Prancis akan terpengaruh.

Bisnis yang tidak penting harus ditutup, tetapi sekolah dan kios penata rambut akan tetap buka.

Orang akan diizinkan berolahraga di luar ruangan dalam jarak 10 km (6 mil) dari rumah mereka, tetapi tidak diizinkan melakukan perjalanan ke bagian lain negara kecuali mereka memiliki alasan yang krusial.

Seperti di masa lockdown sebelumnya, mereka yang berada di daerah yang terkena dampak paling parah harus mengisi formulir untuk menjelaskan mengapa mereka meninggalkan rumah mereka.

Prancis memberlakukan jam malam nasional antara pukul 19:00 dan 06:00.

4 dari 13 halaman

3. Italia

Toko, restoran, dan sekolah kembali ditutup di lebih dari separuh wilayah Italia, termasuk di Roma dan Milan.

Orang diharuskan untuk tinggal di rumah kecuali untuk pekerjaan, kesehatan atau alasan penting lainnya.

Selama tiga hari selama Paskah (3-5 April), akan ada penutupan total di seluruh negeri.

5 dari 13 halaman

4. Denmark

Pemerintah Denmark telah mengusulkan "tiket corona" untuk semua orang yang berusia di atas 15 tahun. Kartu ini, tersedia di ponsel dan di atas kertas, akan menunjukkan apakah orang telah divaksinasi, sebelumnya terinfeksi, atau memiliki tes negatif dalam 72 jam terakhir.

Ini akan memungkinkan orang memenuhi persyaratan untuk pergi ke penata rambut, restoran, atau tempat lain, karena negara secara bertahap mencabut pembatasan. 

Jika situasinya memungkinkan, pusat perbelanjaan kecil akan dibuka mulai 13 April, makan di luar ruangan di kafe dan restoran akan diizinkan mulai 21 April, bersama dengan pusat perbelanjaan yang lebih besar. Bioskop dan ruang makan dalam ruangan dapat dilanjutkan pada 6 Mei.

6 dari 13 halaman

5. Yunani

Sekolah-sekolah di seluruh Yunani kembali ditutup selama dua minggu mulai 16 Maret.

Di daerah dengan tingkat infeksi tinggi - "zona merah", yang mencakup Athena - toko-toko non-esensial penata rambut dan salon kecantikan juga tutup.

Orang dapat berbelanja barang-barang penting dalam radius 2 km dari rumah mereka, tetapi tidak dapat bepergian ke luar daerah mereka.

Jam malam dari 21:00 sampai 05:00 diberlakukan selama seminggu dan dari 19:00 sampai 05:00 di akhir pekan.

7 dari 13 halaman

6. Republik Ceko

Salah satu negara yang paling terpukul di UE, Republik Ceko kini telah memperketat pengunciannya.

Langkah-langkah baru tersebut mencakup penutupan pembibitan dan sekolah untuk anak-anak yang lebih kecil dan mereka yang memiliki disabilitas, larangan pergerakan antar distrik dan pengujian massal wajib bagi karyawan pabrik dan perusahaan yang tetap buka.

8 dari 13 halaman

7. Spanyol

Spanyol memberlakukan jam malam nasional hingga awal Mei 2021.

Orang hanya diperbolehkan keluar dalam periode itu untuk pergi bekerja, alasan pendidikan, membeli obat, atau merawat orang tua atau anak-anak. Siapa pun yang berusia di atas enam tahun harus mengenakan penutup wajah di transportasi umum dan di ruang publik dalam ruangan secara nasional. 

Mereka juga wajib berada di luar ruangan di banyak wilayah. 

9 dari 13 halaman

8. Belgia

Penguncian di Belgia telah diperpanjang hingga 1 April. Semua perjalanan yang tidak penting juga dilarang.

Sementara itu, hanya maksimal satu orang diperbolehkan mengunjungi rumah Anda (selalu orang yang sama) dan, untuk pertemuan di luar, aturan empat tetap berlaku.

Sekolah dan toko tetap buka, tetapi orang harus berbelanja sendiri dan tidak tinggal di toko mana pun selama lebih dari 30 menit.

Masker harus dipakai di semua ruang publik dalam ruangan maupun di area ramai di luar.

10 dari 13 halaman

9. Portugal

Portugal akan melanjutkan keadaan darurat, yang dimulai pada Januari hingga 31 Maret.

Tetapi beberapa langkah pelonggaran dimulai dari 15 Maret, dengan dibukanya kembali beberapa bisnis dan pembibitan serta sekolah dasar untuk pengajaran tatap muka.

Pembukaan kembali secara bertahap direncanakan untuk bulan April. Toko-toko serta museum, sekolah menengah dan universitas dapat dibuka kembali pada 19 April, jika situasinya memungkinkan.

11 dari 13 halaman

10. Belanda

Murid sekolah menengah sekarang memiliki pelajaran setidaknya satu hari di sekolah.

Penata rambut dan profesi kontak dekat lainnya (selain pekerja seks) telah dibuka kembali, dan toko dapat dibuka untuk pelanggan dengan perjanjian. Remaja dan orang dewasa hingga usia 27 tahun dapat bermain olahraga tim di luar ruangan.

Namun, jam malam pukul 21:00 hingga 04:30 akan tetap berlaku hingga akhir Maret. 

Pemerintah sedang mempertimbangkan apakah akan mengembalikan jam malam satu jam, menjadi 22:00.

Bar dan restoran tetap tutup, bersama dengan toko-toko yang tidak penting. Pertemuan lebih dari dua orang dilarang.

12 dari 13 halaman

11. Irlandia

Irlandia kembali ke penguncian penuh pada akhir Desember, dan tingkat pembatasan tertinggi - level lima - akan tetap berlaku hingga 5 April.

Orang harus tinggal di rumah kecuali untuk perjalanan kerja, pendidikan atau alasan penting lainnya, atau untuk berolahraga dalam jarak 5 km (3,1 mil) dari rumah.

Pengunjung tidak diperbolehkan berada di rumah atau taman pribadi kecuali untuk perawatan anak-anak, orang tua atau mereka yang rentan. 

Pernikahan dibatasi untuk enam orang dan pemakaman untuk 10 orang.

Semua toko non-esensial, pusat kebugaran, kolam renang dan fasilitas rekreasi ditutup. Restoran, pub, dan kafe hanya dapat menyediakan pesan antar dan pengiriman. 

13 dari 13 halaman

12. Swedia

Swedia mencoba untuk menghindari penerapan aturan ketika negara lain dikunci, tetapi pada 10 Januari undang-undang darurat baru mulai berlaku.

Ini memberi kekuatan bagi pemerintah untuk memberlakukan pembatasan terkait virus corona untuk pertama kalinya.

Hingga saat ini, pemerintah Swedia mengandalkan sebagian besar masyarakat mengikuti rekomendasi kesehatan resmi secara sukarela.

Pedoman nasional saat ini meminta penumpang untuk memakai masker wajah di angkutan umum pada jam sibuk, tetapi beberapa daerah sekarang merekomendasikannya di luar jam sibuk juga.

Toko dan pusat kebugaran harus membatasi jumlah untuk menyediakan ruang setidaknya 10 meter per pelanggan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini