Sukses

Telepon Retno Marsudi, Menlu AS Janji Perkuat Hubungan Bilateral dengan Indonesia

Menlu AS Antony Blinken berbicara dengan Menlu RI Retno Marsudi via panggilan telepon.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony J. Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi via panggilan telepon pada Selasa 16 Februari. Percakapan itu diungkapkan oleh juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price. 

Dalam percakapan itu, Menlu Blinken menegaskan semakin pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia bagi kemakmuran dan keamanan kedua negara.

Menlu Blinken juga berjanji untuk lebih memperkuat hubungan bilateral yang luas antara kedua negara.

"Kedua Menlu membahas peluang peningkatan perdagangan dan investasi antara Amerika Serikat dan Indonesia," kata Ned Price, seperti dikutip dari rilis Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia pada Rabu (17/2/2021). 

Selain itu, Menlu Blinken juga sepakat akan peran utama sentralitas ASEAN di Indo-Pasifik. Ia pun "menggarisbawahi pentingnya dalam melindungi dan menjaga Laut China Selatan yang bebas dan terbuka," terang Price. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menlu Blinken Puji Peran Positif Menlu Retno Bagi Para Perempuan

Menlu Blinken dan Menlu Retno, dalam kesempatan itu, juga mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas kudeta yang terjadi di Myanmar.

Selain itu, Menlu Blinken juga menyampaikan terima kasih kepada Menlu Retno atas usaha yang penting dalam membawa perdamaian di Afghanistan.

Blinken pun memuji kepemimpinan Menlu Retno sebagai teladan positif bagi perempuan dan anak perempuan, "serta mencatat bahwa sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki wawasan khusus yang dapat ditawarkan kepada rakyat Afghanistan dalam usaha penyelesaian masalah politik," beber Price. 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.