Sukses

7 Perubahan Saat Usai Menginjak 30 Tahun, Salah Satunya Otak Mengecil

Liputan6.com, Jakarta - Setelah usia 30 tahun, tubuh kita mulai mengalami perubahan yang berbeda dan beberapa di antaranya sangat mengejutkan.

Misalnya, terlepas dari kenyataan bahwa kita lebih berpengalaman, otak kita sebenarnya semakin mengecil.

Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak banyak berkeringat setelah usia 30 tahun, ini juga merupakan bagian dari proses penuaan.

Bright Side yang dikutip Kamis (28/1/2021) memaparkan pendapat para ahli tentang perubahan di tubuh setelah usia menginjak usia 30 tahun berikut:

 

2 dari 8 halaman

1. Otak Anda semakin kecil

Otak Anda tidak tumbuh (secara ukuran) seiring bertambahnya usia. Hal sebaliknya justru terjadi.

Saat Anda bertambah tua, bagian tertentu dari otak menyusut. Ia kehilangan sekitar 50.000 neuron per hari setelah usia 30 tahun. Tetapi tidak ada alasan untuk panik karena otak kita tahu bagaimana beradaptasi.

Juga telah ditemukan bahwa volume otak menurun seiring bertambahnya usia dengan kecepatan sekitar 5% per dekade setelah usia 40. Hal-hal ini mempengaruhi memori, terutama memori episodik.

 

3 dari 8 halaman

2. Berkeringat lebih sedikit

Sangat menyenangkan mengetahui bahwa wanita mulai berkeringat berbeda seiring bertambahnya usia.

Beberapa perubahan yang berhubungan dengan menopause yaitu hot flashes, namun ternyata kelenjar keringat (kebanyakan di bawah ketiak) mengecil seiring bertambahnya usia. Akibatnya, mereka menjadi kurang sensitif dan mengurangi produksi keringat.

 

4 dari 8 halaman

3. Indera perasa melemah

Indra perasa Anda mungkin memudar seiring bertambahnya usia dan Anda bahkan mungkin kurang tertarik untuk makan karenanya.

Kebanyakan orang kehilangan sebagian indra perasa mereka, terutama setelah usia 60 tahun.

Itulah sebabnya orang lanjut usia sering makan lebih banyak makanan yang tinggi gula dan garam.

 

5 dari 8 halaman

4. Memiliki massa otot yang lebih sedikit

Salah satu efek penuaan yang paling menonjol adalah hilangnya massa otot. Akibatnya, kita semakin lemah. Angka ini menurun sekitar 3-8% per dekade setelah usia 30 tahun. Angka ini semakin menurun setelah usia 60 tahun.

 

6 dari 8 halaman

5. Metabolisme menjadi stabil

Para peneliti menyarankan bahwa metabolisme kita mengalami stabilisasi seiring bertambahnya usia dan bahwa periode paling kritis tampaknya sekitar usia 50-60.

Setelah 80 tahun, menjadi lambat tetapi akhirnya menyelesaikan proses stabilisasi. Artinya, berat badan kita tidak akan mengalami perubahan besar.

Kita akan membakar lebih sedikit kalori tetapi pada saat yang sama, ketika kita lebih tua kita akan makan lebih sedikit daripada orang yang lebih muda.

 

7 dari 8 halaman

6. Kuku tumbuh lebih lambat

Para peneliti telah menemukan bahwa ketika kita masih muda, kuku tumbuh dengan cepat. Ini pertama kali diperhatikan oleh Dr. William Bean yang mengamati bahwa ibu jari kirinya tumbuh dengan kecepatan 0,123 mm per hari.

Setelah usia 67 tahun, angka ini turun menjadi 0,095 mm per hari. Perubahan ini bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang lebih lambat.

8 dari 8 halaman

7. Gigi menjadi kurang sensitif

Gigi Anda juga menjadi kurang sensitif dan ini terjadi karena dentin (jaringan dalam yang keras) menjadi lebih kuat seiring bertambahnya usia, di antara enamel luar gigi dan saraf pusatnya. Penguatan ini menyebabkan hilangnya kepekaan.