Sukses

Kisruh Pasca-Pemilu, Kekerasan Terus Meningkat di Afrika Tengah

Inisiatif kelompok bersenjata yang menyusup ke Bangui, Afrika Tengah telah digagalkan. Namun, kekerasan tetap terjadi.

Liputan6.com, Bangui - Ibu kota Republik Afrika Tengah, Bangui diserang oleh pasukan pemberontak pada Rabu, 13 Januari 2021.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (15/1/2021) kekerasan ini meningkat usai pemilihan presiden Afrika Tengah bulan lalu.

Pihak berwenang mengatakan, tentara di bawah pemerintahan Presiden Faustin-Archange Touadera, dengan bantuan pasukan Rusia dan Rwanda bersama pasukan Keamanan PBB memukul mundur serangan itu.

Letnan kolonel Abdoul Aziz Fall, juru bicara tim gabungan pasukan perdamaian MINUSCA mengemukakan, “Saat ini situasinya masih tenang.

Inisiatif kelompok bersenjata yang menyusup ke Bangui, Afrika Tengah telah digagalkan. Saat ini pasukan mengendalikan situasi di lapangan.”

Serangan itu merupakan serangan terdekat ke ibu kota sejak Touadera mengumumkan kemenangan pada 27 Desember 2020 dalam pemilihan yang dinilai sejumlah pemberontak telah dicurangi.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klaim Pemilu Telah Dicurangi

Serangan yang dilakukan pemberontak itu bersifat sporadis dan jauh dari ibu kota.

Prancis memberikan dukungan pada Touadera sekaligus menolak klaim bahwa pemilu itu dicurangi.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengonfirmasi seorang penjaga perdamaian Rwanda telah tewas dalam serangan pada Rabu (13/1) tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.