Sukses

Meski Dianggap Tabu, Ternyata Tren Pria Pakai Makeup Ada Sejak Zaman Mesir Kuno

Orang Mesir Kuno, terutama pria dari golongan atas ternyata menggunakan makeup. Dan itu dianggap sebagai hal wajar.

Liputan6.com, New York - Dari pelembab kulit yang cerah dan lip balm hingga eye shadow dan bulu mata palsu, ada banyak cara berbeda yang digunakan pria dalam menggunakan makeup saat ini. Sementara bagi banyak orang riasan pria masih terasa tabu, tren ini sepertinya sedang naik daun sekarang, dan kita melihat semakin banyak pria dekat dengan produk kecantikan.

Baik di acara red carpet maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Bright Side melihat lebih dekat tentang tren modern makeup pria, dan ternyata, itu bukan penemuan baru. Rupanya kebiasaan ini sudah ada sebelum abad ke-21.

Pria Pakai Riasan Sejak Ratusan dan Ribuan Tahun Lalu

Ya, riasan pria bukanlah sesuatu yang baru, dan kita dapat menelusuri sejarahnya kembali ke Mesir kuno di mana pria mengoleskan minyak dan lemak ke kulit mereka untuk melindunginya dari panas gurun dan sinar matahari yang terik.

Orang-orang kelas atas Mesir kuno sering memejamkan mata. Anda mungkin pernah melihat gambar raja-raja Mesir dengan mata mereka dilapisi kain kohl hitam tebal.

Pria dari Roma kuno juga didorong untuk menggunakan riasan di bawah pengaruh orang-orang yang menaklukkannya, termasuk orang Mesir.

Pria Romawi tidak memakai riasan cerah, karena hal itu disukai oleh masyarakat. Sebaliknya, mereka akan memakai parfum ringan, menghilangkan bulu tubuh tertentu, dan terkadang memutihkan wajah mereka.

Pada masa Ratu Elizabeth I, para pria membedaki wajah mereka, dan di Jepang pada abad ke-17, aktor pria dari teater Kabuki akan mengenakan riasan yang menarik dengan garis-garis merah dan hitam cerah dengan latar belakang putih tebal.

Mendekati zaman modern, kita harus menyebut era Hollywood kuno yang membawa riasan pria ke layar lebar dan ke mata publik.

Meskipun memakai riasan bukanlah hal baru bagi pria, sampai saat ini, kebanyakan aktor dan musisi yang memakai riasan untuk membuat penampilan mereka di layar dan di atas panggung lebih menarik dan cerah.

Saat ini, kita melihat semakin banyak pria menggunakan produk kecantikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi mengapa makeup pria sedang naik daun sekarang?

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Banyak Produk Kecantikan Pria Muncul di Pasaran

Ya, pria telah menggunakan riasan sejak zaman kuno, tetapi hingga saat ini hanya ada sedikit produk kosmetik yang dirancang khusus untuk pria.

Banyak hal berubah sekarang karena lebih banyak perusahaan yang memproduksi kosmetik pria dan menjual produk kecantikan ini di konter kecantikan pria di toko mereka.

Tentu saja, pria dapat menggunakan kosmetik tradisional yang dirancang untuk wanita, tetapi beberapa mungkin masih merasa tidak nyaman dengan itu. Jadi, semakin luas pilihan produk kecantikan pria, semakin terpacu pria untuk mencobanya.

Sepertinya pria adalah peluang pertumbuhan yang besar untuk industri kecantikan, dan diyakini bahwa kita akan melihat lebih banyak kosmetik yang ditargetkan untuk pria dan netral gender dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Ada Lebih Banyak Influencer Makeup Pria

Produk kecantikan yang dirancang untuk pria saja mungkin tidak akan cukup.

Perlu ada orang yang menginspirasi orang lain untuk tidak takut dengan stereotip dan mencoba sesuatu yang baru.

Manny Gutierrez, Jake-Jamie, Gabriel Zamora, dan James Charles -- hanyalah beberapa penata rias populer yang berbagi kiat kecantikan mereka dengan ribuan pria dan wanita.

Dalam postingan dan tutorial video mereka, para seniman ini berbagi teknik riasan yang dapat membantu pria dan wanita menciptakan berbagai macam penampilan.

Namun yang lebih penting adalah mereka mengajari audiens untuk lebih percaya diri dengan penampilan, mencintai diri sendiri apa adanya, dan tidak takut dengan stigma, stereotip, dan penilaian dalam cara mereka mengekspresikan diri melalui riasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.