Sukses

Liburan Tahun Baru dan Festival Musim Semi, China Perketat Aturan Pengendalian COVID-19

Demi mengendalikan laju infeksi Virus Corona COVID-19, China memutuskan untuk memperketat aturan selama musim liburan mendatang. Tahun Baru dan Festival Musim Semi.

Liputan6.com, Jakarta China bakal menghadapi liburan Tahun Baru dan Festival Musim Semi di tengah pandemi COVID-19. Oleh sebab itu, pihak berwenang menyatakan bakal memperketat langkah-langkah pengendalian epidemi pada masa tersebut.

Demikian dikatakan Komisi Kesehatan Nasional China pada Rabu 30 Desember 2020.

"China menghadapi peningkatan risiko penularan COVID-19, dengan 104 kasus COVID-19 baru yang ditularkan secara lokal tercatat pada Desember, naik 76,3 persen dari November," kata Hu Qiangqiang, juru bicara komisi tersebut, dalam konferensi pers seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (31/12/2020).

Menurut Hu, tekanan untuk mencegah penyebaran virus semakin besar. Sebab penularan COVID-19 kian meningkat di luar negeri, di tambah lagi munculnya Corona varian baru di beberapa negara.

Selain itu, Hu juga mengingatkan bahwa risiko penyebaran Virus Corona COVID-19 akan lebih besar selama liburan karena meningkatnya penyeberangan antarperbatasan, mobilitas domestik, dan pertemuan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertanggungjawaban

Sementara itu, Gugus tugas Dewan Negara China untuk memerangi epidemi akan memeriksa pekerjaan setempat pada Januari tahun depan.

"Mereka yang gagal menerapkan langkah-langkah pengendalian penyakit, dan karenanya menyebabkan penyebaran virus lebih lanjut akan dimintai pertanggungjawaban," imbuhnya.

Per Kamis 31 Desember 2020, infeksi COVID-19 di China menurut data dari John Hopkins University mencapai 95.876. Dengan angka kematian 4.78, dan 89.813 pasien tercatat sembuh.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona COVID-19, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.