Sukses

Bola Api hingga Iguana, 5 Benda Aneh yang Pernah Jatuh dari Langit

Berikut adalah daftar 7 objek menarik --dan beberapa aneh-- yang pernah dilaporkan jatuh dari langit.

Liputan6.com, Jakarta - Batuan angkasa luaryang membawa senyawa yang terbentuk miliaran tahun yang lalu. Pesawat ulang-alik yang melakukan manuver mewah di udara tetapi meledak ketika mereka menyentuh kembali ke bawah terlalu cepat. Dan kadang-kadang, iguana beku di tanah.

Berikut adalah daftar 7 objek menarik --dan beberapa aneh-- yang pernah dilaporkan jatuh dari langit, seperti dikutip dari Livescience, Minggu (27/12/2020).

1. Bola Api Meteor Hijau di Laut Tasmania

Para peneliti menangkap video yang luar biasa ketika meteor hijau yang cerah meluncur di pantai selatan Tasmania, Australia - meskipun sayangnya, video itu berwarna hitam-putih.

Sebuah kapal penelitian bernama Investigator, yang dioperasikan oleh badan sains nasional Australia, CSIRO, memfilmkan bola api saat meledak melalui atmosfer Bumi, melintasi langit dan kemudian hancur di atas Laut Tasman. Orang-orang yang menyaksikan meteor secara langsung mengatakan bahwa itu tampak hijau untuk mata telanjang.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meteor Pelangi

Sebuah batu ruang angkasa berwarna pelangi pecah di atas Kosta Rika pada 2019 dan puing-puing yang tersebar di antara desa La Palmera dan Aguas Zarcas. Sekarang, studi yang sedang berlangsung mengisyaratkan bahwa bola api mungkin mengandung material kimia kehidupan.

Meteor lunak awalnya putus dari asteroid yang lebih besar, yang terbentuk dari debu nebula kuno --nebula yang merupakan unsur pembentuk tata surya kita.

Meteor pelangi mengandung senyawa karbon kompleks, yang mungkin termasuk asam amino, yang dapat bersatu untuk membentuk protein dan molekul seperti DNA.

 

3 dari 5 halaman

3. Puing Pesawat Prototipe SpaceX yang Meledak

Program Starship SpaceX meluncurkan prototipe yang disebut SN8 selama penerbangan uji ketinggian, dan semuanya berjalan sesuai rencana - selain pendaratan. Prototipe lepas landas dari fasilitas SpaceX di Boca Chica, Texas dan melakukan manuver udara yang kompleks dalam perjalanan. 

Wahana itu kemudian turun ke tanda pendaratan yang ditunjuk di tanah, tetapi datang terlalu cepat dan meledak menjadi api. Ledakan terjadi hanya 6 menit 42 detik setelah lepas landas.

 

4 dari 5 halaman

4. Meteorit di Michigan

Sebuah meteorit runtuh di langit di atas Hamburg, Michigan, dan potongan-potongan jatuh ke danau beku di bawahnya. Setelah secara menyeluruh menganalisis batu ruang angkasa, para ilmuwan mengumumkan bahwa meteorit mengandung ribuan senyawa organik yang terbentuk miliaran tahun yang lalu.

Senyawa yang berasal dari hari-hari awal tata surya kita, yang berarti meteorit yang jatuh ke Bumi muda mungkin telah membawa molekul serupa. Saat itu, senyawa organik dari meteor bisa saja dimasukkan ke dalam mikroba primitif, kata tim, sehingga mempelajari meteor Michigan dapat memberi kita pandangan sekilas ke dalam kehidupan awal di planet ini.

5 dari 5 halaman

5. Iguana menghujani warga Floridia

"Suhu dingin dengan kemungkinan jatuhnya reptil"- ini pada dasarnya adalah peringatan yang dikirim Layanan Cuaca Nasional ketika suhu turun di bawah 40 derajat Fahrenheit (4,4 derajat Celcius) di Florida selatan. Itu karena, ketika cuaca menjadi dingin, iguana yang biasanya nongkrong di puncak pohon menjadi terlalu tua untuk berpegangan pada cabang.

Ketika metabolisme mereka melambat, kadal menjadi kaku, jatuh ke tanah dan tampak mati; tetapi begitu cuaca memanas, mereka kembali beraksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.