Sukses

7 Tips untuk Bikin Ruangan Kecil dan Sempit di Rumah Anda Terasa Lega

Berikut 7 tips untuk membuat ruangan kecil dan sempit di rumah Anda jadi terasa lega.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kita tinggal di rumah dengan kamar berukuran kecil dan tidak memiliki cukup ruang untuk hal-hal penting, itu berarti kita perlu mulai berpikir lebih kreatif. Tidak peduli seberapa kecil ruang Anda, ada banyak tips dan trik yang tersedia yang akan memberi Anda ruang ekstra sambil membantu kamar Anda terlihat bergaya dan rapi.

Seperti dikutip dari Brightside, Sabtu (26/12/2020), berikut 7 tips untuk membuat ruangan kecil dan sempit di rumah Anda jadi terasa lega:

1. Memanfaatkan Area Tempat Tidur

Mengangkat tempat tidur Anda di rumah adalah solusi ruang penyimpanan yang hebat. Anda dapat menambahkan platform tambahan di bawah tempat tidur dengan rak dan laci atau Anda bisa mendapatkan tempat tidur yang sudah memiliki laci yang dipasang. Anda juga dapat menemukan tempat tidur yang mengangkat dan mengungkapkan seluruh ruang lemari pakaian di bawahnya.

Beberapa desain bisa membuat tempat tidur yang terlipat ke dinding, dengan area dan bagian yang menghadap ke luar bisa dimanfaatkan untuk hal lain untuk sementara jika Anda sedang tidak tidur.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Menempatkan Rak Pakaian di Sudut

Rak di sudut adalah hal yang sempurna untuk mengisi pojok kamar Anda sebagai tempat menggantung pakaian. Ini bisa dicoba ketika Anda tidak memiliki banyak ruang lemari tetapi Anda ingin memamerkan pakaian Anda.

3 dari 7 halaman

3. Kursi dan Sofa Multifungsi sebagai Tempat Penyimpanan

Anda dapat menggunakan kursi multifungsi, seperti kursi ottoman yang juga dapat Anda gunakan untuk penyimpanan tambahan.

4 dari 7 halaman

4. Kotak dan tempat penyimpanan

Manfaatkan kotak penyimpanan. Ini sangat bagus untuk mengisi ruang vertikal dan membuat semuanya lebih tertata rapi. Anda dapat menggunakan kotak dekoratif biasa atau jenis yang dapat Anda susun satu sama lain.

5 dari 7 halaman

5. Pemanfaatan Dinding

Dinding yang dimanfaatkan dengan baik dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari yang sederhana seperti tempat menggantung pakaian, hingga --seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya-- menyimpan tempat tidur Anda seutuhnya.

6 dari 7 halaman

6. Letakkan Cermin Besar di Dinding

Menggantung cermin bisa membuat 'mirror effect' yang membuat kamar Anda terlihat dan terasa lebih besar.

7 dari 7 halaman

7. Pemilihan Furnitur

Pilihlah furnitur yang justru bisa dimanfaatkan sebagai pengelola ruang, bukan yang menambah sempit area.

Misalnya, memilih untuk menggunakan partisi untuk ruangan ketimbang membangun tembok pemisah; memakai meja tanpa kaki yang bisa dilekatkan ke dinding atau, meja lipat yang bisa Anda simpan jika tidak dipakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.