Sukses

Thomas Lembong Terima Penghargaan Gwanghwa Medal dari Korea Selatan

Pihak Korea Selatan mengapresiasi dukungan yang diberikan Thomas Lembong melalui pemberian Gwanghwa Medal, penghargaan medali diplomatik tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia memberikan penghargaan Gwanghwa Medal kepada Thomas Lembong, mantan Menteri Perdagangan dan mantan Kepala BKPM. Prosesi penyerahan dilakukan pada Selasa 8 Desember 2020, bertempat di aula Kedutaan Besar Korea Selatan.

Penghargaan Gwanghwa Medal ini adalah medali diplomatik tertinggi yang diberikan Pemerintah Korea Selatan kepada warga negara asing, yang telah berjasa meningkatkan hubungan bilateral dengan Korea Selatan.

"Duta Besar Park Tae-sung mengapresiasi Thomas Lembong sebagai pejabat pada periode pertama kabinet Presiden Joko Widodo, yang telah membantu kesuksesan dalam kunjungan kedua kepala negara saat saling mengunjungi, ke Korea Selatan dan Indonesia," demikian jelas pihak Kedutaan Korea Selatan melalui keterangan tertulisnya yang Liputan6.com muat Kamis (10/12/2020).

Selain itu, pihak Korea Selatan juga mengapresiasi dukungan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan dari negara mereka seperti C.J., Posco, Lotte Chemical dan Hyundai Motor Asia Pasifik dalam perluasan bisnis ke Indonesia.

Thomas Lembong juga menanggapi penghargaan Gwanghwa Medal untuknya dengan apresiasi tinggi.

"Hubungan yang sangat hangat dan produktif ini telah terbangun, maka dari itu banyak kawan-kawan dari Korea Selatan, yang menjadi sebuah kebanggaan sendiri," ucap Thomas Lembong.

Thomas juga mengatakan bahwa penghargaan Gwanghwa Medal ini akan menjadi suatu motivasi untuk terus mendedikasikan tenaga, perhatian dan waktu untuk membantu negara-negara mitra dalam menjalin suatu hubungan dengan Indonesia. Sebaliknya juga dapat mengembangkan jaringan Indonesia ke negara-negara mitra tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara Penyerahan Penghargaan Secara Terbatas

Upacara penyerahan Penghargaan Medali GwanghwaMedal kali ini dilaksanakan secara minimal atau terbatas. Mengingat kondisi pandemi COVID-19.

Dihadiri terbatas oleh kalangan pelaku bisnis Korea Selatan yakni, CJ, CGV, Hyundai Motor Asia Pasifik, LG International Indonesia, Lotte Chemical, Posco, Bank KEB Hana, Presiden Asosiasi Korea di Indonesia Park Jae Han, Wakil Presiden KOCHAM Kang-Hyun Lee, Presiden Direktor KOTRA Lee Jongyoon, Wakil Presiden Sinar Mas Gandi Sulistiyanto, mantan Duta Besar Indonesia untuk Korea John Prasetio, Korps Diplomatik dan lain-lainnya.

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang telah menjalin hubungan kemitraan strategis dengan Korea Selatan.

Di bidang perdagangan, Korea Selatan merupakan negara mitra dagang ke-6 bagi Indonesia, dan Indonesia adalah mitra dagang ke-15 bagi Korea Selatan.

Sampai saat ini kerjasama bilateral tersebut, tetap berlanjut dan diperkuat. Khususnya pada tahun ini, meskipun masih berada dalam pandemi COVID-19, kedua negara akan tetap bekerjasama secara nyata seperti, kerja sama dalam penanganan COVID-19, dan kesepakatan pengaturan Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk mengizinkan perjalanan para tenaga kerja esensial termasuk untuk pebisnis.

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Infografis Hasil Utama KTT Korea Utara Korea Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.