Sukses

Partai Aung San Suu Kyi Menang, Raih Cukup Kursi Parlemen untuk Pemerintahan Baru Myanmar

Partai Aung San Suu Kyi yang berhasil menang telah mendapatkan cukup kursi parlemen untuk membentuk pemerintahan Myanmar yang baru.

Liputan6.com, Yangon - Partai berkuasa pimpinan Myanmar Aung San Suu Kyi telah memenangkan cukup kursi parlemen untuk membentuk pemerintahan berikutnya, menurut hasil pemilihan umum resmi yang dirilis pada Jumat 13 Oktober 2020.

Hasil terbaru dari pemungutan suara hari Minggu mengonfirmasi Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Suu Kyi telah mengamankan 322 kursi di badan legislatif bikameral yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan. Demikian seperti melansir laman Channel News Asia, Jumat (13/11/2020).

NLD telah mengambil 346 kursi dari 412 kursi yang telah diumumkan, dengan hasil dari 64 kursi lagi belum diumumkan.

Kemenangan ini akan menjadi dorongan selamat datang bagi Aung San Suu Kyi, peraih Nobel Perdamaian yang mengalami masa jabatan pertama yang bergolak dan berjuang untuk memenuhi harapan publik yang tinggi.

Dia ditugaskan untuk mengembangkan negara Myanmar yang menderita isolasi selama hampir 50 tahun dan kerusakan di bawah pemerintahan militer yang ketat.

Bahkan sekarang, pemerintahannya diharuskan untuk mengatur dengan keterlibatan militer, khususnya di bidang keamanan dan pertahanan, di bawah konstitusi yang disusun selama pemerintahan para jenderal.

NLD menang dengan selisih yang sama dalam pemilihan terakhir tahun 2015, pemungutan suara bebas pertama sejak berakhirnya kekuasaan militer.

Kali ini, pemungutan suara dipandang sebagai referendum terhadap pemerintahan Suu Kyi, yang sangat populer di dalam negeri. Tetapi reputasinya di luar negeri telah runtuh karena tuduhan genosida terhadap minoritas Muslim Rohingya di negara itu yang kemudian dibantahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Kemenangan Ditolak Lawan

Partai oposisi utama, Partai Pembangunan dan Solidaritas Persatuan (USDP) yang didukung militer, telah memenangkan 24 kursi, menurut hasil resmi parsial.

USDP mengajukan keberatan pada hari Rabu dan menuntut pemungutan suara baru secepat mungkin "untuk menyelenggarakan pemilu yang bebas, adil, tidak memihak dan bebas dari kampanye yang tidak adil".

Seorang juru bicara USDP tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar terkait hal ini. 

Pengamat internasional dan domestik mengatakan pemungutan suara berjalan lancar dan tanpa penyimpangan besar.

Komisi pemilihan pada hari Rabu mengatakan tuduhan penyimpangan berasal dari minoritas peserta.

NLD juga telah menuntut bukti kesalahan, sementara militer, dalam pernyataan sebelumnya, mengatakan pemilihan telah dilaksanakan dengan sukses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.