Sukses

Kandidat Vaksin Pfizer dan BioNTech Diklaim 90% Ampuh Cegah COVID-19

Perkembangan vaksin COVID-19 terbaru mengklaim menawarkan perlindungan hingga 90% dari infeksi Virus Corona jenis baru tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksin Virus Corona COVID-19 pertama yang efektif dapat mencegah lebih dari 90% orang tertular COVID-19. Hal tersebut ditunjukkan oleh sebuah analisis awal. 

Mengutip BBC, Selasa (10/11/2020), para pengembang vaksin yakni Pfizer dan BioNTech menggambarkannya sebagai "hari yang luar biasa bagi sains dan kemanusiaan".

Vaksin mereka telah diuji pada 43.500 orang di enam negara dan tidak ada masalah keamanan yang dikemukakan.

Perusahaan tersebut juga berencana untuk mengajukan persetujuan darurat untuk menggunakan vaksin tersebut pada akhir bulan.Tidak ada vaksin yang terbukti sangat efektif dalam waktu sesingkat itu. Masih ada tantangan besar ke depan, tetapi pengumuman tersebut disambut hangat dengan para ilmuwan yang menggambarkan diri mereka tersenyum "dari telinga ke telinga" dan beberapa menyarankan kehidupan dapat kembali normal pada musim semi.

"Saya mungkin orang pertama yang mengatakan itu, tapi saya akan mengatakannya dengan yakin," kata Sir John Bell, profesor kedokteran regius di Universitas Oxford.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efektivitas Vaksin

Di samping perawatan yang lebih baik, vaksin dipandang sebagai cara terbaik untuk keluar dari batasan yang telah diberlakukan sepanjang hidup kita.

Data menunjukkan bahwa dibutuhkan dua dosis, dengan jarak tiga minggu. 

Uji coba yang dilakukan di AS, Jerman, Brasil, Argentina, Afrika Selatan dan Turki menunjukkan 90% perlindungan dicapai dalam tujuh hari setelah dosis kedua. Namun, data yang disajikan bukanlah analisis akhir karena hanya didasarkan pada 94 relawan pertama yang mengembangkan Covid sehingga keefektifan vaksin yang tepat dapat berubah ketika hasil lengkap dianalisis.

Dr Albert Bourla, ketua Pfizer, mengatakan: "Kami adalah langkah yang signifikan lebih dekat untuk menyediakan orang-orang di seluruh dunia dengan terobosan yang sangat dibutuhkan untuk membantu mengakhiri krisis kesehatan global ini."

Prof Ugur Sahin, salah satu pendiri BioNTech, menggambarkan hasil ini sebagai suatu "tonggak". 

3 dari 4 halaman

Ketersediaan Vaksin

Sejumlah orang mungkin akan segera mendapatkan vaksin tahun ini.

Pfizer dan BioNTech mengatakan mereka akan memiliki data keamanan yang cukup pada minggu ketiga pada bulan November untuk membawa vaksin mereka ke regulator. Sampai disetujui, negara tidak mungkin memulai kampanye vaksinasi mereka.

Kedua perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka akan mampu memasok 50 juta dosis pada akhir tahun ini dan sekitar 1,3 miliar pada akhir tahun 2021.

Menurut ilmuwan, setiap orang akan membutuhkan dua dosis.

Tidak semua orang akan langsung mendapatkan vaksin dan negara masing-masing harus memutuskan siapa yang harus diprioritaskan.

Staf rumah sakit dan pekerja perawatan rumahan akan berada di dekat bagian atas setiap daftar karena orang-orang rentan yang mereka tangani, seperti halnya lansia yang paling berisiko terkena penyakit parah.

Misalnya saja Inggris, yang cenderung memprioritaskan penduduk lanjut usia di panti jompo dan orang-orang yang bekerja di sana.

Tetapi dikatakan keputusan akhir belum dibuat, mengatakan itu akan tergantung pada seberapa baik vaksin itu bekerja pada kelompok usia yang berbeda dan bagaimana virus menyebar.

Orang yang berusia di bawah 50 tahun dan tidak memiliki masalah medis kemungkinan besar akan berada di antrean terakhir.

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.