Sukses

Pemilu AS 2020, Jadwal Pemungutan Suara hingga Pelantikan Presiden Amerika Terpilih

Menurut data U.S. Elections Project, sementara ini ada 63 juta yang memilih lewat pos, sementara 35,6 juta memilih langsung lebih awal di pilpres AS 2020.

Liputan6.com, New York - Pemilu AS 2020 secara resmi sudah dimulai. Sebanyak 98 juta orang tercatat sudah memilih lebih awal dalam early voting.

Daerah terbanyak yang sudah memilih di Amerika Serikat adalah California, Florida, dan Texas. Lebih dari 20 juta pendukung Partai Demokrat sudah memilih lebih awal.

Menurut data U.S. Elections Project, Selasa (3/11/2020), ada 63 juta yang memilih lewat pos, sementara 35,6 juta memilih langsung lebih awal di pilpres Amerika Serikat 2020.

U.S. Elections Project juga mengambil data dari 20 negara bagian yang memiliki registrasi partai. Berdasarkan data tersebut, mayoritas orang yang sudah memilih berasal dari Partai Demokrat.

Sebanyak 21,5 juta yang memilih lebih awal berasal dari Partai Demokrat. Ada 14,6 juta pemilih dari Partai Republik yang telah memilih di Pilpres AS 2020.

Kita masih menunggu siapa yang akan menjadi pemenang.

Berikut ini alur jalannya Pilpres AS 2020 mulai dari acara debat, pemungutan suara hingga pelantikan presiden Amerika Serikat, dikutip dari independent, Selasa (3/11/2020).

29 September

Case Western Reserve University di Ohio menjadi tuan rumah debat presiden 2020 pertama. Semula The University of Notre Dame dijadwalkan menjadi tuan rumah namun menarik diri.

7 Oktober

Calon wakil presiden dari Partai Republik dan Demokrat berdebat di Utah University yang menjadi tuan rumah satu-satunya debat antara calon wakil presiden.

22 Oktober

Belmont University di Nashville, Tennessee menjadi tuan rumah debat presiden terakhir.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelantikan

3 November

Hari Pemilihan. Pemilih di seluruh AS akan berpartisipasi dalam pemilihan umum untuk memilih presiden berikutnya, bersama dengan kandidat lain yang muncul di surat suara.

14 Desember

Perwakilan electoral college bertemu di gedung DPR negara bagian untuk secara resmi memberikan suara.

6 Januari 2021

Kongres memasukkan suara elektoral ke dalam catatan, dan pimpinan Senat mengumumkan penghitungan suara.

20 Januari 2021

Hari Pelantikan. Presiden terpilih akan dilantik secara resmi.

3 dari 3 halaman

Peta Hasil Pemilu AS 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.