Sukses

FBI Sebut Iran dan Rusia Miliki Data Pemilih Pilpres AS, Ingin Jatuhkan Trump?

FBI melaporkan bahwa Iran dan Rusia telah memiliki informasi ataupun data diri dari para pemilih dalam pemilu AS.

Liputan6.com, Washington D.C - Pejabat keamanan nasional Amerika Serikat telah melaporkan bahwa Iran bertanggung jawab atas pengiriman email yang mengancam para pemilih capres dari Partai Demokrat.

Menurut laporan BBC, Kamis (22/10/2020), email tersebut tampaknya datang dari kelompok sayap kanan pro-Trump dan dimaksudkan untuk "memicu keresahan", kata Direktur Intelijen Nasional John Ratcliffe. Ratcliffe juga mengatakan bahwa para pejabat AS menemukan Iran dan Rusia telah memperoleh "beberapa informasi pendaftaran pemilih".

Pengumuman itu datang 13 hari sebelum pemilihan presiden diselenggarakan di Amerika Serikat.

Email tersebut dialamatkan ke pemilih Demokrat yang terdaftar di beberapa negara bagian, termasuk medan pertempuran utama Florida, dan mendesak mereka untuk memilih Trump - atau lainnya.

"Anda akan memilih Trump pada Hari Pemilu atau kami akan menghampiri Anda," kata email itu, menurut media AS.

"Ubah afiliasi partai Anda menjadi Republik untuk memberi tahu kami bahwa Anda telah menerima pesan kami dan akan mematuhinya."

Pengarahan intelijen yang tidak biasa menjelang pemungutan suara dipandang sebagai bukti keprihatinan pemerintah atas campur tangan pemungutan suara dan kampanye disinformasi dari aktor asing.

Ratcliffe mengatakan "email palsu" Iran diklaim dikirim oleh Proud Boys untuk "mengintimidasi para pemilih sekaligus menghasut kerusuhan dan merusak" citra Presiden Donald Trump.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebaran Informasi Palsu

Ratcliffe menambahkan, data pemilih dapat digunakan dalam upaya untuk "mengomunikasikan informasi palsu kepada pemilih terdaftar yang mereka harap akan menyebarkan kekacauan dan merusak kepercayaan Anda pada demokrasi Amerika."

Ratcliffe mengatakan, para pejabat "belum melihat tindakan yang sama dari Rusia," tetapi mereka sadar bahwa Rusia juga memiliki beberapa informasi pemilih.

Di banyak negara bagian, data pemilih tersedia atas permintaan, meskipun masing-masing negara bagian memiliki persyaratan berbeda tentang siapa yang dapat meminta informasi pemilih, data apa yang tersedia dan bagaimana data ini dapat digunakan, menurut Konferensi Nasional Badan Legislatif Negara.

"Jika Anda menerima email yang mengintimidasi atau manipulatif di kotak masuk Anda, jangan khawatir dan jangan menyebarkannya," kata Ratcliffe yang menyebut tindakan tersebut untuk mempengaruhi pemilih AS sebagai "upaya putus asa oleh musuh yang putus asa".

 
3 dari 3 halaman

FBI Yakinkan Pemilih

Direktur FBI Christopher Wray pun ikut bergabung dengan Ratcliffe pada konferensi pers. Dia mengatakan bahwa sistem pemilihan AS masih aman dan "tangguh".

"Anda harus yakin bahwa suara Anda dihitung," kata Wray. 

"Klaim awal yang tidak diverifikasi yang bertentangan harus dilihat dengan skeptisisme yang sehat."

Para pejabat tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana data pemilih diperoleh atau apa yang mungkin dilakukan Rusia dengan informasi tersebut.

Badan-badan intelijen AS menyimpulkan pada tahun 2016 bahwa para peretas yang didukung Kremlin berada di belakang upaya untuk merusak pencalonan presiden Hillary Clinton hingga menggunakan serangan dunia maya dan berita palsu yang ditanamkan di media sosial.

Sementara itu, hingga saat ini Iran juga belum berhasil meretas sistem AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.