Sukses

Aktivis Perubahan Iklim Greta Thunberg Dukung Joe Biden pada Pemilu AS 2020

Aktivis muda Greta Thunberg menunjukkan dukungannya kepada calon presiden Joe Biden.

Liputan6.com, Stockholm - Aktivis iklim muda Greta Thunberg menunjukkan dukungannya untuk capres Demokrat Joe Biden. Ia mendesak para pemilih yang peduli tentang lingkungan agar suara mereka didengar dalam pemilihan presiden AS.

Mengutip Channel News Asia, Minggu (11/10/2020), gadis Swedia berusia 17 tahun itu mengatakan dalam sebuah cuitan di Twitternya bahwa dia tidak pernah terlibat dalam politik partai, tetapi bahwa "pemilihan umum AS yang akan datang berada di atas dan di luar semua itu".

"Dari perspektif iklim, itu sangat jauh dari cukup dan banyak dari Anda tentu saja mendukung kandidat lain. Tapi, maksud saya… Anda tahu… sial! Atur saja dan minta semua orang untuk memilih #Biden," tulisnya.

Thunberg, yang memicu gerakan protes iklim global setelah melakukan pemogokan di luar parlemen Swedia pada tahun 2018, dapat mendorong partisipasi di antara pemilih muda yang biasanya cenderung apatis daripada orang Amerika yang lebih tua.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump Sinis dengan Greta Thunberg

Setelah Thunberg dinobatkan sebagai Tokoh Tahun Ini oleh Majalah Time pada 2019, Presiden AS Donald Trump mengejek aktivis remaja itu dengan men-tweet bahwa dia perlu "mengatasi masalah manajemen amarahnya, lalu pergi menonton film kuno yang bagus bersama seorang teman".

Trump juga dengan sinis mengomentari pidato Thunberg di KTT iklim PBB tahun lalu, di mana Thunberg dengan marah mencela para pemimpin dunia karena gagal menangani perubahan iklim. Trump merespons hal tersebut dengan mengatakan: "Berani-beraninya kamu?"

Trum  telah fokus pada pembongkaran agenda iklim yang dibuat mantan Presiden Barack Obama untuk membebaskan industri energi dan otomotif dari biaya peraturan yang dimaksudkan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan, sementara Biden memiliki fokus pada infrastruktur hijau besar-besaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.