Sukses

Studi: Vaksin COVID-19 Moderna Aman dan Tunjukkan Reaksi Positif pada Orang Tua

Menurut sebuah studi terbaru, vaksin COVID-19 masuk dalam kategori aman dan menunjukkan reaksi positif.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil dari studi keamanan awal terhadap kandidat vaksin Virus Corona COVID-19 Moderna Inc pada orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa ia menghasilkan antibodi penawar virus pada tingkat yang serupa dengan yang terlihat pada orang dewasa yang lebih muda, dengan efek samping kira-kira setara dengan suntikan flu dosis tinggi, kata para peneliti. 

Melansir Channel News Asia, Rabu (30/9/2020), studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, menawarkan gambaran yang lebih lengkap tentang keamanan vaksin pada orang dewasa yang lebih tua, kelompok yang berisiko tinggi mengalami komplikasi parah akibat COVID-19.

Temuan ini meyakinkan karena kekebalan cenderung melemah seiring bertambahnya usia, kata Dr Evan Anderson, salah satu peneliti utama studi dari Universitas Emory di Atlanta, dalam sebuah wawancara telepon.

Studi ini merupakan perpanjangan dari uji coba keamanan Fase I Moderna, yang pertama kali dilakukan pada individu berusia 18-55 tahun.

Percobaan ini menguji dua dosis vaksin Moderna - 25 mikrogram dan 100 mikrogram - pada 40 orang dewasa berusia 56 hingga 70 dan 71 dan lebih tua.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunjukkan Hasil Positif yang Diharapkan

Secara keseluruhan, tim menemukan bahwa pada orang dewasa yang lebih tua yang menerima dua suntikan dari 100 mikrogram dosis dengan jarak 28 hari, vaksin tersebut menghasilkan tanggapan kekebalan kira-kira sejalan dengan yang terlihat pada orang dewasa yang lebih muda.

Moderna sudah menguji dosis yang lebih tinggi dalam uji coba besar Tahap III, tahap terakhir sebelum meminta otorisasi atau persetujuan darurat.

Efek samping termasuk sakit kepala, kelelahan, nyeri tubuh, menggigil dan nyeri tempat suntikan, dianggap ringan sampai sedang.

Setidaknya dalam dua kasus, relawan mengalami reaksi yang parah.

Seseorang mengalami demam tingkat tiga, yang diklasifikasikan sebagai 102,2 derajat Fahrenheit (39 derajat Celsius) atau lebih, setelah menerima dosis vaksin yang lebih rendah. Kelelahan lain berkembang begitu parah sehingga mencegah aktivitas sehari-hari untuk sementara, kata Anderson.

Biasanya, efek samping terjadi segera setelah menerima vaksin dan diatasi dengan cepat, katanya.

"Ini mirip dengan apa yang dialami banyak orang dewasa yang lebih tua dengan vaksin influenza dosis tinggi," kata Anderson. 

"Mereka mungkin merasa tidak enak atau demam."

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.