Sukses

Tiru Suara Tangisan Hingga Angkat Jambul, 5 Cara Unik Hewan Jerat Mangsanya

Berbagai trik dilakukan oleh hewan untuk menangkap mangsanya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap makhluk hidup memiliki insting untuk terus bertahan hidup. Termasuk hewan liar, mereka pun memiliki caranya masing-masing untuk bertahan hidup dan mencari makan dengan cara menjerat mangsa.

Jika beberapa hewan terang-terangan menunggu dan mengincar mangsanya, sekelompok hewan lain ternyata memiliki cara unik untuk menjerat mangsanya.

Tentu, hal tersebut merupakan cara adaptif agar bisa mendapat incarannya dengan mudah.

Mengutip laman List Verse, Jumat (18/9/2020), berikut adalah 5 cara unik hewan liar dalam menjerat mangsa mereka:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Komodo

Binatang buas yang kadang-kadang disebut 'buaya darat' ini adalah kadal terbesar yang hidup di bumi. Mereka bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai tiga meter dan beratnya mencapai 70 kilogram. Mereka adalah jenis karnivora dan telah dikenal sering bertemu dengan manusia.

Komodo juga lebih banyak ditemukan di Indonesia.

Komodo berburu dalam kelompok, tetapi metode pembunuhan mereka adalah dengan menyerang mangsanya dan menyerang bagian bawah atau tenggorokan mereka dengan cakar tajam dan gigi bergerigi. Cara tersebut menyebabkan kehilangan darah yang cepat atau luka yang fatal pada mangsa mereka. 

Namun, serangan awal komodo mungkin tidak selalu membunuhnya secara langsung, malah melukai mangsanya dengan parah, sebelum mereka melanjutkan untuk merobek daging dari korbannya dan memakannya hidup-hidup.

Ada juga teori bahwa gigi mereka mengandung racun yang memperburuk keadaan bagi mangsa yang malang.

3 dari 6 halaman

2. Belut Listrik

Hanya ada sedikit hewan yang menggunakan muatan listrik yang tidak biasa untuk mengejutkan mangsanya. 

Belut listrik biasanya menghuni perairan yang gelap dan keruh, sehingga kekuatan kejutnya dapat mengejutkan korban yang tidak curiga yang menjadi mangsanya dalam hitungan detik.

Makanan belut listrik adalah karnivora yang biasanya terdiri dari ikan, krustasea, serangga, dan vertebrata kecil, seperti amfibi dan reptil. Belut menggunakan kekuatan kejut atau pertahanannya untuk berburu.

Rambut sensitif belut di tubuhnya mendeteksi perubahan tekanan apa pun di air gelap, yang memicu doublet, yaitu dua denyut listrik cepat yang mengenai otot mangsanya, membuatnya kaget dan akhirnya melumpuhkannya hingga memungkinkan belut untuk memakannya.

4 dari 6 halaman

3. Frogfish

Ikan yang termasuk dalam kategori anglerfish ini dikenal sangat jelek dan juga perenang buruk yang biasanya tinggal di dasar laut. Tetapi, mereka adalah pemburu yang sangat efektif. Penampilan mereka yang tidak biasa dirancang untuk membantu menangkap mangsa, dengan kombinasi kamuflase dan mimikri. Begitu mereka memikat korban, mereka menyerang dengan kecepatan kilat, hanya 6 milidetik (waktu reaksi bagi kebanyakan manusia adalah 200 milidetik).

Frogfish tercakup dalam spinule yang membantu kamuflase sementara beberapa dapat berubah warna untuk berbaur.

Teknik mereka untuk menangkap mangsanya tidak mengharuskan mereka bergerak, melainkan memikat korban dengan pelengkap yang tampak aneh yang efektif sebagai umpan. Pelengkap, yang sering terlihat seperti cacing, bergoyang-goyang ketika korban mendekat, memikatnya lebih dekat, sebelum ikan kodok ini menyerang tepat saat mangsanya berada dalam jangkauan dengan penyergapannya yang cepat. 

Ikan kodok memiliki mulut besar yang tiba-tiba terbuka dan menelan korban dan otot khusus di kerongkongan yang memastikan mangsanya tidak dapat melarikan diri saat ditelan. 

Frogfish bisa menelan hewan yang memiliki ukuran hingga dua kali dari dirinya sendiri. 

5 dari 6 halaman

4. Burung Sekretaris

Walaupun memiliki nama dan penampilan yang cantik nan indah, jenis burung ini merupakan burung yang tangguh dan kejam. Ia adalah burung pemangsa tetapi luar biasa untuk berburu secara terestrial, artinya di darat, bukan terbang dari udara. 

Senjata pilihan burung sekretaris - yang lebih suka berburu berpasangan - adalah kaki mereka, karena mereka membunuh mangsanya dengan cara menendang atau menginjaknya sampai mati. 

Berasal dari Afrika, mangsa burung sekretaris terdiri dari serangga seperti belalang dan kumbang, tetapi juga mamalia seperti tikus, kelinci, dan luwak. Tak hanya itu, burung sekretaris terkadang membunuh ular, seperti ular kobra dengan menginjak kepalanya secara gigih untuk membunuh atau melumpuhkan. 

Nama ilmiah burung sekretaris, Sagitarius serpentarius, diterjemahkan menjadi 'pemanah ular'. 

Ketika mereka menyerang, mereka melebarkan sayap dan mengangkat jambul berbulu mereka untuk menunjukkan kekuatan dan intimidasi yang luar biasa tetapi juga mengganggu, karena gigitan ular pada bulu tidak akan melukai burung karena kurangnya daging.

6 dari 6 halaman

5. Margay

Kucing kecil soliter dan nokturnal  yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah ini menggunakan teknik mimikri yang langka untuk memikat mangsanya. 

Margay berburu mamalia kecil, seperti monyet dan tupai, serta burung, telur, kadal, dan katak pohon, selain itu ia juga terkadang dikenal sebagai vegetarian.

Margay telah dikenal untuk menyuarakan tangisan bayi monyet seperti tamarin liar. 

Premis vokalisasi adalah untuk menarik mangsa, sehingga memfasilitasi serangan dan mengurangi energi yang dikeluarkan untuk mengejar, dengan tujuan untuk meningkatkan peluang keberhasilan margay. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.