Sukses

Ini Alasan Muncul Kotoran Mata Saat Bangun Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Saat terbangun di pagi hari, ada kotoran di mata kita. Ini adalah fungsi alami di mata kita dan kerak ini memiliki tujuan. Tetapi pada saat yang sama, ini juga mungkin menandakan adanya masalah.

Dalam satu kondisi, kerap sekali kita mendapati kotoran mata yang banyak. Jika sudah banyak dan terus muncul, maka itu menunjukkan adanya masalah.

Namun, jika jumlahnya masih sedikit maka itu wajar, terutama saat kotoran itu muncul pada pagi hari. Apakah Anda termasuk salah satu yang penasaran mengapa kotoran ini muncul di mata?

Mengapa ini biasanya muncul, berikut sejumlah alasannya dikutip dari Bright Side, Rabu (16/9/2020):

1. Itu karena mata kita tetap tertutup sepanjang malam

Saat Anda tidur, kerak ini menumpuk di sudut mata Anda, dan terkadang bahkan di sepanjang garis bulu mata. Mereka muncul karena mata Anda tidak bisa melumasi dirinya sendiri seperti saat Anda berkedip.

2. Ini adalah komponen penting dari kesehatan mata yang baik

Kotoran mata Anda bisa basah, lengket atau kering dan berkerak. Mereka berasal dari selaput air mata yang dikeluarkan saat Anda berkedip. Ini juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh Anda yang melindungi mata dari hal-hal seperti bakteri.

 

2 dari 3 halaman

Dapatkah kotoran mata menyebabkan komplikasi?

Mata kering biasanya terjadi saat Anda menatap layar ponsel atau komputer dalam waktu lama, bahkan saat Anda berada di tempat ber-AC. Mata Anda tidak mendapatkan cukup air mata yang seharusnya melumasinya dan ini dapat menciptakan kerak mata dengan perasaan perih.

Ketika Anda bangun dari tidur, Anda mungkin rutin memeriksa ponsel Anda, tetapi Anda harus benar-benar menghapus kotoran ini terlebih dahulu. Salah satu langkah penting untuk menghilangkannya dengan benar adalah dengan membasahi waslap atau menggunakan air hangat, yang juga akan menghilangkan semua kerak secara efektif.

Jika Anda sering melihat kotoran atau kerak dalam jumlah banyak, ini tanda bahwa itu sudah tidak normal. Setiap orang memiliki situasi unik dengan kondisi ini. Anda mungkin perlu menghubungi dokter jika terasa sakit dan melihat apakah ada tanda-tanda infeksi mata.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: