Sukses

Ucap Selamat HUT ke-75 RI, Presiden China Harap Proyek Jalur Sutra Berlanjut

Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat HUT ke-75 RI sekaligus meminta proyek Jalur Sutra (One Belt One Road) berlanjut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ia juga berharap agar sejumlah proyek strategis dapat berlanjut. 

Proyek strategis yang dimaksud adalah Jalur Sutra atau Belt and Road Initiative (BRI). Fokus lainnya adalah dalam penanggulangan Virus Corona COVID-19. 

Ungkapan itu dikirimkan Presiden China Xi Jinping dalam surat kepada Presiden Joko Widodo.

"Xi Jinping dalam suratnya menunjukkan, hubungan Tiongkok-Indonesia kini memelihara kecenderungan baik," jelas Indonesian Service, China Radio International via Facebook, Senin (17/8/2020).

"Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah COVID-19, mendorong pemulihan produksi dan pembangunan bersama Sabuk dan Jalan, menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama global, dan telah memberikan kontribusi positif kepada kesehatan dan kesejahteraan rakyat kedua negara serta seluruh dunia," lanjut China Radio International.

Proyek "Sabuk dan Jalan" (One Belt One Road atau OBOR) merupakan proyek andalan China di skala internasional. Untuk memuluskan proyek ini, China menawarkan pinjaman dana ke berbagai negara. 

Luhut Binsar Pandjaitan merupakan salah satu tokoh kabinet yang menyuarakan dukungan terhadap program ini untuk membangun ekonomi nasional.

Presiden China Xi Jinping disebut menaruh perhatian besar kepada hubungan Indonesia. Pemerintah China berkomitmen untuk mengalahkan COVID-19 bersama Indonesia.

China pun mengajak Indonesia untuk menciptakan situasi baru antar kedua negara agar bisa berkembang bersama.

"Presiden Xi menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian besar kepada hubungan Tiongkok-Indonesia, bersedia berupaya bersama dengan Presiden Joko Widodo untuk secepatnya mengalahkan wabah COVID-19, bersama-sama menciptakan situasi baru pada era baru di mana kedua negara berkembang bersama untuk mencapai kemenangan bersama, serta terus memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara," tulis China Radio International.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden AS Donald Trump Juga Kirim Ucapan Selamat

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan pesan kemerdekaan pada HUT ke-75 RI. Trump berharap hubungan antara AS-Indonesia semakin kuat pada level masyarakat hingga investasi. 

"Atas nama Amerika Serikat, ini dengan rasa gembira yang besar saya mengucapkan selamat ke Anda dan rakyat Indonesia pada hari kemerdekaan ke-75 bangsa Anda pada 17 Agustus," ucap Presiden Trump dalam pesan yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, yang diterima Liputan6.com, Senin (17/8/2020). 

"Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia berakar dari nilai-nilai bersama, koneksi antarmasyarakat yang mendalam, dan hubungan perdagangan dan investasi," lanjut Donald Trump. 

Presiden Trump turut membahas peran Amerika Serikat dan Indonesia dalam memajukan perdamaian dunia sebagai sesama negara demokrasi. Selain itu, Donald Trump menyebut kerja sama antara kedua negara bisa meraih hal positif di wilayah Indo-Pasifik. 

"Sebagai sesama negara demokrasi, kita berbagi sebuah komitmen untuk memajukan perdamaian dan kemakmuran global. Dengan bekerja bersama untuk memajukan kepentingan mutual berdasarkan nilai-nilai demokrasi yang dianut bersama, saya percaya bahwa kita bisa meraih daerah Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka," kata Donald Trump. 

Pandemi Virus Corona COVID-19 yang sedang melanda dunia dipandang sebagai kesempatan untuk memperkuat relasi antar kedua negara. Amerika Serikat juga telah menyumbangkan ventilator kepada Indonesia.

"Selama masa-masa menantang ini, usaha gabungan kita untuk memitigasi dampak COVID-19 hanya akan memperdalam kemitraan kita," kata Donald Trump.

"Selamat kepada Anda dan semua rakyat Indonesia pada hari nasional dan harapan terbaik untuk kesuksesan sebagaimana Anda merayakan perayaan spesial ini," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.