Sukses

Lokasi dalam Lukisan Terakhir Van Gogh Berjudul Tree Roots Terkuak dari Kartu Pos

Liputan6.com, Perancis Sebuah kartu pos telah membantu menguak lokasi yang ada dalam lukisan terakhir Vincent Van Gogh berjudul Tree Roots. Lokasi itu ditemukan Wouter van der Veen, direktur ilmiah Institut Van Gogh.

Dia mengakui kesamaan antara lukisan dan kartu pos yang berasal dari 1900 hingga 1910. Kartu pos tersebut menunjukkan pohon di tepi sungai dekat desa Auvers-sur-Oise di Prancis.

Mengutip BBC, Selasa (4/7/2020), tempat ini berjarak 150 m (492 kaki) dari Auberge Ravoux, sebuah penginapan di desa yang merupakan tempat Van Gogh tinggal selama 70 hari sebelum bunuh diri pada 1890. "Kesamaan itu sangat jelas bagi saya," kata Van der Veen, yang mendapatkan petunjuk tersebut di rumahnya di Strasbourg, Prancis, saat masa lockdown.

Van der Veen mempresentasikan temuannya di Museum Van Gogh di Amsterdam, yang membuat para peneliti melakukan studi banding antara kartu pos dan lukisan lereng bukit. Para peneliti senior di Museum Louis van Tilborgh dan Teio Meedendor pun menyimpulkan "sangat masuk akal" bahwa benar lokasi tersebut adalah lokasi yang sudah diidentifikasi Van derVeen.

2 dari 4 halaman

Penemuan Luar Biasa

Perihal ditemukannya tempat tersebut, Meedendrop mengungkapkan keantusiasannya " Ini merupakan penemuan yang luar biasa."

"Jika diamati lebih dekat, pertumbuhan yang cepat pada kartu pos menunjukkan kesamaan yang sangat jelas dengan bentuk akar pada lukisan Van Gogh yang merupakan karya seni terakhirnya dan menjadikannya lebih luar biasa, bahkan dramatis."

Pada Mei 2020, Van der Veen mengunjungi tempat itu untuk memastikan teorinya tersebut. Sebuah upacara pun diadakan di Auvers-sur-Oise pada hari Selasa untuk menandai penemuan lokasi tersebut.

Emilie Gordenker, direktur jenderal Museum Van Gogh, dan Willem van Gogh, cicit dari saudara laki-laki Vincent Theo, ikut hadir dalam upacara tersebut untuk menyingkap sebuah tanda peringatan di lokasi tersebut.

3 dari 4 halaman

Lukisan Terakhir pada Hari yang Dramatis

Sudah lama terjadinya perdebatan perihal lukisan Van Gogh mana yang merupakan lukisan terakhirnya. Dalam sepucuk surat dari Andries Bonger, saudara ipar Theo van Gogh, sutradara film Belanda yang juga merupakan keturunan saudara Vincent Van Gogh, mengatakan bahwa sang seniman telah melukis pemandangan hutan, penuh matahari dan kehidupan pada pagi hari sebelum kematiannya.

Surat itu juga lah yang digunakan untuk mendukung klaim bahwa Tree Roots adalah karya seni terakhir Van Gogh. Berdasarkan teori kartu posnya, Van der Veen yakin Van Gogh mungkin mengerjakan lukisan itu hanya beberapa jam sebelum kematiannya.

Van der Veen berkata, "Sinar matahari yang dilukis oleh Van Gogh menunjukkan bahwa sapuan kuas terakhir dicat saat menjelang sore, yang memberikan informasi tentang  hari dramatis yang berakhir dengan bunuh diri ini."

Diketahui, seniman Belanda yang bermasalah tersebut menembak diri sendiri di bagian dada di Auvers-sur-Oise pada 27 Juli 1890.  Hingga pada saat kematiannya, karya Tree Roots tidak sepenuhnya selesai.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini