Sukses

Fakta Mengejutkan di Balik Ngidam Ibu Hamil, Berkaitan dengan Psikologis?

Liputan6.com, Jakarta - Kita telah mendengar cerita mengenai ibu hamil yang hanya ingin makan es krim, dan acar, atau ibu hamil yang mengirim suaminya untuk membelikannya ayam goreng, tak hanya itu ada juga ibu hamil yang hanya ingin merek cokelat spesifik tertentu.

Banyak yang berspekulasi bahwa mengidam akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin yang ada. Namun faktanya, ada beberapa hal yang membingungkan, karena terkadang proses mengidam ini membuat orang tidak nyaman dan capek. 

Namun, bila kalian melihat riset, mengidam yang dirasakan oleh ibu hamil ini sangatlah kompleks. Karena dari setiap kultur yang berbeda, para ibu hamil memiliki akan mengidam hal yang berbeda. Bahkan, menurut laporan dari negara yang tidak berbahasa Inggris, mereka terkadang mengidam hal-hal yang terdengar aneh, namun di Jepang, ibu hamil sering mengidam makan nasi. 

Dalam studi yang lebih lanjut, untuk melihat apakah mengidam benar-benar memberi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, para ilmuwan tidak menemukan fakta tersebut. Sebaliknya, orang-orang menemukan bahwa ibu hamil yang sering mengidam mengalami penambahan berat badan, yang bisa mengakibatkan komplikasi, seperti yang dikutip dari BBC, Jumat (17/7/2020)

Namun bukan berarti ibu hamil yang mengidam mengada-ada keadaan mereka, karena mengidam juga dapat karena adanya biochemical. Melihat itu orang sangat membutuhkan makanan dapat menjadikan sebagian dari informasi ini menjadi fokus, saran Julia Hormes, seorang profesor psikologi di Universitas Negeri New York, Albany, yang telah mempelajari hasrat dalam berbagai pengaturan.

Misalnya, sekitar 50% wanita di AS melaporkan kecanduan cokelat pada minggu sebelum menstruasi, kata Hormes. Para ilmuwan telah mengeksplorasi apakah hasrat ini untuk beberapa nutrisi dalam cokelat penting untuk menstruasi, atau apakah itu mencerminkan pergeseran hormon.

2 dari 3 halaman

Yang Ditemukan Oleh Ilmuwan

Dalam satu percobaan, seorang psikolog meminta perempuan untuk membuka sebuah kotak yang telah mereka berikan dan memakan apa yang ada di dalam saat mereka mengidam. Beberapa kotak berisi cokelat susu, yang mengandung semua nutrisi yang biasanya ditemukan dalam cokelat bersama dengan tekstur meleleh di mulut Anda, beberapa cokelat putih, yang tidak mengandung padatan cokelat (yang memberi susu dan cokelat hitam warna cokelatnya) tetapi itu memang memiliki tekstur yang bagus, dan beberapa pil kakao, dengan nutrisi cocoa tetapi tidak memiliki tekstur seperti cokelat komersial.

Cokelat putih sebenarnya adalah yang paling di idamkan, jadi tidak ditemukan nutrisi atau manfaat dalam padatan kakao atau cokelat. Studi lain yang melacak hasrat cokelat tidak menemukan hubungan dengan kadar hormon. Bahkan, wanita yang sedang menopause terus melaporkan mengidam cokelat, kata Hormes; mereka hanya menghubungkannya dengan penyebab lain. 

Namun ditemukan bahwa sebenarnya mengidam ada hubungannya dengan kondisi psikologis. Keinginan yang kuat untuk makan kue mentega, atau batang cokelat, atau kentang goreng, dapat dimulai sebagai pemikiran sederhana dan kemudian tumbuh sedikit demi sedikit menjadi obsesi yang sulit ditolak. Pada saat yang sama, di Amerika Serikat, dan di berbagai tempat yang berbeda, pemikiran tentang makanan yang sangat enak - istilah yang digunakan para peneliti untuk merujuk segala sesuatu mulai dari es krim hingga kue hingga keju makaroni yang lengket - hadir dengan rasa bersalah yang kuat.

"Ada ambivalensi tertentu," kata Hormes, "Ini secara inheren menyenangkan, tetapi saya juga hidup dalam budaya yang mengatakan saya tidak boleh memiliki cokelat ini. Saya benar-benar menginginkannya, tetapi saya tidak boleh memilikinya - kami pikir itu adalah bagian dari budaya yang benar-benar mendorong proses yang rumit itu."

Secara khusus, jika Anda sudah menahan diri untuk beberapa waktu dan tidak pernah diizankan untuk memakan makanan itu, itu akan membuat Anda kesulitan mengendalikan diri sendiri. Jadi setelah memiliki sepotong kue, alih-alih puas dan melanjutkan, Anda makan tiga lagi. Selain itu, perempuan dapat membatasi makanan tertentu ketika mereka hamil, baik bertujuan untuk diet yang lebih sehat atau mengikuti rekomendasi dokter mengenai sushi, daging deli, dan makanan lainnya.

Mengidam ini mengarah kepada beberapa situasi di beberapa daerah di dunia, dan mengidam lebih cenderung muncul dan sulit untuk meminta dan mungkin menyebabkan berat badan menambah.

Kehamilan juga dapat dilihat sebagai waktu ketika mengidam tidak dapat dinilai dengan keras. "Budaya ini juga tampaknya mengidentifikasi waktu-waktu tertentu dan mencari alasan di mana lebih baik bagi wanita untuk makan hal-hal yang seharusnya mereka hindari," kata Hormes. "PMS dan kehamilan adalah kesempatan yang disetujui secara sosial ketika wanita bisa menyerah."

Mengganggu perenungan yang mengarah pada keinginan serius dapat membantu menghentikan eskalasi dari memikirkan makanan menjadi pesta, kata Hormes. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pengalih perhatian - telah ada penelitian yang menggunakan pengalih perhatian visual dan juga pengharum - dan yang lainnya adalah dengan memanfaatkan perhatian dan meditasi untuk mengakui keinginan dan membiarkannya berlalu. Dia juga merekomendasikan, jika Anda mendambakan cokelat, mendapatkan beberapa barang yang benar-benar berkualitas, dan melanjutkan hidup Anda, sebuah prosedur yang dapat membantu menghilangkan beberapa signifikansi totemiknya.

Ketika Anda mengidam dalam kehamilan, mungkin ada faktor budaya tambahan: kehamilan menuntut, dan bisa sulit untuk melewatinya tanpa bantuan. Satu penelitian terhadap perempuan pedesaan Tanzania yang melaporkan keinginan makan daging, ikan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran mencatat bahwa menyediakan makanan yang diinginkan adalah tanda dukungan sosial oleh suami dan keluarganya.

Memang, meminta ayam goreng jam 1 pagi membutuhkan komitmen dari orang yang dikirim untuk membawa kembali barang-barangnya, jadi itu adalah jaminan bahwa orang ini ada di sana untuk yang membutuhkan. Sementara sayap kerbau sangat menyenangkan sendiri, fakta bahwa seseorang yang Anda cintai membawanya kepada Anda memiliki nilai di luar kalori.

 

Reporter: Yohana Belinda

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: