Sukses

Kanye West Sudah 3 Kali Deklarasi Jadi Capres AS

Apakah Kanye West hanya sesumbar ingin jadi capres AS?

Liputan6.com, Washington, D.C. - Rapper Kanye West mendeklarasikan diri akan maju sebagai bakal calon presiden Amerika Serikat (AS). Ia mengaku siap membawa persatuan ke negaranya.

Pilpres AS 2020 diadakan pada November. Presiden Donald Trump kembali maju untuk bersaing dengan mantan Wapres Joe Biden dari Partai Demokrat.

Jika Kanye West serius, maka ia akan bersaing melawan dua tokoh itu. Akan tetapi, Kanye West sudah berkali-kali sesumbar ingin menjadi capres.

Dilansir BBC, Senin (6/7/2020), Kanye West pertama kali mendeklarasikan diri ingin menjadi presiden pada 2005 lalu ketika menghadiri MTV Video Music Awards. Saat itu, ia berkata ingin maju capres pada 2020.

Pada 2019, Kanye West mengganti jadwalnya. Rencana pencapresan diundur menjadi 2024 dan berjanji akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Mendadak pada 4 Juli kemarin Kanye West memutuskan untuk maju sebagai capres pada 2020. Keputusannya bahkan direstui miliarder Elon Musk.

Istri Kanye West, Kim Kardashian, juga mendukung langkah suaminya di Twitter.

Tidak jelas Kanye West akan mencalonkan diri lewat partai mana. Kanye yang seorang miliarder juga tidak mengungkap apakah dirinya akan maju sebagai calon independen.

Nama Kanye West juga tidak muncul di daftar Komisi Pemilihan Federal atau Federal Election Commission (FEC). Ada satu nama kandidat yang namanya mirip Kanye West yang mengaku beralamat di 1977 Golddigger Avenue, Suite Yeezus. Namun, nama itu berasal dari 2015 lalu.

Golddigger adalah nama lagu Kanye West dan Yeezus merupakan nama album Kanye.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kanye Mau Jadi Presiden

Pengumuman Kanye West menjadi capres bertepatan dengan Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli. Kanye membawa pesan religius dan persatuan. Ia membawa slogan Visi 2020 (2020 Vision). 

"Kita sekarang harus mewujudkan janji Amerika dengan mempercayai Tuhan, menyatukan visi kita, dan membangun masa depan. Saya mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat. #2020VISION", ujar Kanye via Twitter pada 4 Juli 2020 waktu AS. 

Pencalonan Kanye West menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat mendapatkan restu dari CEO Tesla dan SpaceX, miliarder Elon Musk.

"Kamu memiliki dukungan penuh dari saya!" ujar Elon Musk via Twitter.

Kanye West merupakan penyanyi sekaligus pebisnis sukses. Forbes melaporkan Kanye sudah menjadi miliarder dengan kekayaan mencapai USD 1,3 miliar (Rp 18,9 triliun). 

Ia sempat mengklaim istrinya, Kim Kardashian West, juga merupakan miliarder, namun klaim itu dibantah Forbes.

Sebelumnya, Kanye West cenderung dekat dengan Presiden Donald Trump. Kanye West dan istrinya sukses mendekati Trump untuk mendorong reformasi di penjara.

Rencananya, debat pilpres dimulai pada 20 September di Universitas Notre Dame. Jadwal pencoblosan pilpres Amerika Serikat berlangsung pada 8 November mendatang. 

(USD 1 = Rp 14.563)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.