Sukses

Pneumonia dari Infeksi Virus Corona COVID-19, Istri Presiden Ukraina Dirawat di RS

Liputan6.com, Kyiv - Istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dirawat di rumah sakit dengan pneumonia ganda setelah tertular Virus Corona COVID-19. Ia kini masuk dalam daftar jajaran ibu negara di dunia yang terinfeksi Virus Corona jenis baru awal tahun ini.

"Kondisi Olena Zelenska stabil dan presiden serta anak-anak pasangan tersebut dinyatakan negatif terhadap Virus Corona COVID-19 pada Senin 15 Juni 2020," demikian menurut informasi dari Kantor Presiden Ukraina dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa seperti dikutip dari Time.com, Rabu (17/6/2020).

Ibu negara berusia 42 itu mengatakan dirinya dinyatakan positif mengidap Virus Corona COVID-19 pada Jumat 13 Juni. Dalam sebuah postingan Instagram pada hari itu, dia berkata bahwa dirinya “merasa baik,” menerima perawatan rawat jalan dan mengisolasi diri dari keluarganya "agar tidak membahayakan mereka."

"Presiden Zelensky yang juga berusia 42 tahun, kini telah membatasi kontaknya dengan "lingkaran sangat kecil" orang dan mulai melakukan pertemuan dan pembicaraan melalui teleconference. Ia tetap datang ke kantor, karena beberapa tugasnya tidak dapat dipenuhi dari jarak jauh," ujar juru bicara presiden Yuliia Mendel mengatakan kepada outlet berita Ukrainska Pravda.

2 dari 3 halaman

Deretan Tokoh Dunia yang Terinfeksi Corona COVID-19 Baru-Baru Ini

Olena Zelenska adalah salah satu dari sedikit ibu negara yang tertular Virus Corona COVID-19.

Pada pertengahan Maret, istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dinyatakan lebih dahulu positif terkena virus tersebut. Trudeau dan anak-anak pasangan itu tidak mengalami gejala penyakit apa pun dan pak PM mengisolasi dirinya selama dua minggu. Sophie Grégoire Trudeau pulih dari penyakit dalam waktu sekitar dua minggu.

Sekitar waktu yang sama, otoritas Spanyol mengumumkan bahwa istri Perdana Menteri Pedro Sánchez juga terinfeksi virus. Menurut sebuah pernyataan, Begoña Gómez dan perdana menteri dalam keadaan sehat dan tetap di kediaman mereka di Madrid.

Beberapa pemimpin dunia dan pejabat tinggi pemerintah juga terjangkit virus ini. Pada awal April, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dirawat di rumah sakit setelah terinfeksi. Tunangannya Carrie Symonds mengatakan bahwa dia menghabiskan satu minggu di tempat tidur dengan gejala Virus Corona baru, tetapi dia tidak menjalani tes. Keduanya kini telah pulih.

Pada 30 April, Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengatakan ia dinyatakan positif mengidap Virus Corona jenis baru itu. Menurut laporan media, ia dirawat di rumah sakit karena demam tinggi dan batuk. Mishustin pulih dan kembali ke tugasnya hampir tiga minggu kemudian.

Dua minggu lalu, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinian mengatakan bahwa ia dan seluruh keluarganya terinfeksi Virus Corona COVID-19. Dalam pernyataan via Facebook pada hari Senin, Pashinian mengatakan ia tidak memiliki gejala apa pun, dan melaporkan pulih seminggu kemudian.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Berikut Ini: