Sukses

China Kirim Pesawat Perang Usai Taiwan Lepaskan 2 Rudal ke Lepas Pantai

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan, pihaknya merespons dengan menerbangkan jet tempur miliknya.

Liputan6.com, Taipei - Sebuah pesawat perang milik China dilaporkan mendekati Taiwan pada Jumat, 12 Juni 2020, sehari setelah pulau itu melepaskan dua rudal di lepas pantai di tengah meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Minggu (14/6/2020) pesawat jenis PLA Yun-8 melintasi garis tengah di selat Taiwan dan melintasi batas wilayah udara tidak resmi antara kedua pihak.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan, pihaknya merespons dengan menerbangkan jet tempur miliknya.

"Kami mendeteksi pesawat Komunis China Yun-8 yang terbang ke Taiwan pagi ini dan segera mengirim jet tempur kami untuk membayangi dan membubarkannya melalui peringatan radio," kata kementerian itu.

Menggambarkan situasi sebagai "normal", kementerian mengatakan bahwa pihaknya memiliki pengawasan penuh dan kendali atas semua kegiatan di laut dan udara yang mengelilingi Taiwan.

Serangan itu terjadi setelah Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan, Taiwan melakukan uji coba menembakkan dua rudal ke daerah timur Taitung dan pangkalan militer Jiupeng di daerah selatan Pingtung, Kamis malam.

Peluncuran ini adalah bagian dari program pengembangan rudal di pulau yang diperintah sendiri untuk meningkatkan pertahanan terhadap daratan China.

Rudal lain akan diuji dalam beberapa hari mendatang, menurut Badan Perikanan Taiwan yang memberi tahu publik tentang tanggal dan lokasi uji untuk memperingatkan para nelayan yang beroperasi di dekat daerah itu.

Ketegangan atas Selat Taiwan meningkat karena China daratan, Amerika Serikat, dan Taiwan telah meningkatkan penempatan militer.

Kementerian Pertahanan Taiwan menolak mengatakan jenis rudal yang diuji pada Kamis malam.

Itu tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa akan ada lebih banyak tes antara Jumat dan Selasa karena badan info perikanan telah dipublikasikan.

Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan, yang mengembangkan rudal juga menolak menyebutkan nama rudal itu, dengan mengatakan uji coba tersebut sejalan dengan rencana kementerian pertahanan untuk mengembangkan senjata di pulau itu sendiri.

Wang Ting-yu, seorang legislator dari Partai Progresif Demokratik yang duduk di komite pertahanan dan hubungan luar negeri legislatif, mengatakan bahwa rudal yang ditembakkan dari Jiupeng adalah Tien Kung-3 (Sky Bow-3) yang berjarak 200km dari permukaan ke rudal udara dirancang untuk mencegat peluru kendali yang datang dari daratan China.

Rudal Tien Kung-2 yang menjadi sasarannya ditembakkan dari Taitung, katanya.

"The Tien Kung-3 berhasil mencapai target selama tes," katanya dalam posting Facebook-nya pada hari Jumat.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keinginan China

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi patuh yang harus dikembalikan ke daratan, dengan paksa jika perlu.

Ia telah menggelar serangkaian permainan perang di sekitar Taiwan untuk mencoba mengintimidasi pulau itu dan memaksa presiden Tsai Ing-wen dari DPP yang condong pada kemerdekaan, untuk menerima prinsip One China Policy, yang telah ia tolak sejak menjabat sebagai presiden pada tahun 2016.

Tes itu dilakukan hanya dua bulan setelah pulau itu menembakkan Tien Kung-3 dan rudal jelajah serangan darat Yun Feng (Cloud Peak) jarak menengah antara 5 April dan 23 April di pangkalan Jiupeng.

Pengembangan Yun Feng oleh lembaga Chung-Shan telah diselimuti kerahasiaan karena kekhawatiran AS bahwa hal itu mungkin memicu tindakan marah oleh Beijing.

Laporan perkembangan Yun Feng pertama kali muncul pada bulan Desember 2012, tetapi program ini telah berjalan sejak krisis Selat Taiwan pasca-1996, ketika Beijing melakukan uji coba rudal di dekat Taiwan untuk mencoba memperingatkan Presiden Lee Teng-hui yang saat itu menentang peningkatan kemerdekaan.

Tien Kung-3 adalah sistem pertahanan area generasi ketiga, yang dikembangkan oleh institut untuk mencegat rudal balistik taktis.

Menurut lembaga itu, sistem senjata Tien Kung-3 dibangun oleh unit rudal, tabung, dan unit kontrol tembakan.

"Sistem senjata dapat melibatkan para pejuang berkinerja tinggi, rudal jelajah, rudal anti-radiasi, dan rudal balistik jarak pendek dengan berbagai keterlibatan simultan. Itu dirancang untuk dioperasikan oleh baterai secara mandiri atau di bawah kendali dari unit eselon yang lebih tinggi," kata lembaga itu di situs webnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • taiwan