Sukses

Menlu Retno Marsudi Lakukan Komunikasi dengan Mike Pompeo Bahas 3 Isu Penting

Dalam komunikasi tersebut, Menlu Retno Marsudi dan Mike Pompeo membahas tiga isu penting yaitu, Afghanistan, kerjasama Corona COVID-19 dan Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Pagi ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan komunikasi via telepon dengan Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo.

Dalam komunikasi tersebut, kedua menteri luar negeri membahas tiga isu yang tengah terjadi. Tiga isu tersebut di antaranya; perkembangan dalam negeri Afghanistan, kerjasama Corona COVID-19 dan Palestina.

"Seperti yang sudah kita lihat di akun Twitter Ibu Menlu, disampaikan bahwa pagi ini telah dilakukan perbincangan dengan Menlu AS yaitu Mike Pompeo," ujar Achmad Rizal Purnama Plt BDSP Kementerian Luar Negeri RI.

"Isu pertama yang dibahas adalah perkembangan dan kesepakatan antara pemerintah Afghanistan dengan kelompok Taliban dalam masa genjatan senjata."

"Menurut Menlu Retno Marsudi, hal ini pentuk untuk melancarkan Inter Afghan Dialog," tambhanya.

Selain itu isu kedua yang dibahas oleh menlu kedua negara adalah hasil komunikasi yang baik antara kedua pemimpin negara yaitu Presiden Donald Trump dan Joko Widodo terkait kerja sama penyediaan ventilator.

"Sebagaimana yang telah disampaikan Menlu RI, akhir Mei ini atau awal Juni tahap pertama pengiriman ventilator dari AS akan tiba di Indonesia," ujar Rizal.

"Hal yang digarisbahwahi oleh Menlu Retno Marsudi adalah pentingnnya vaksin dan obat-obatan yang terjangkau. Jadi akses vaksin dan obat-obatan dengan harga terjangkau jg disuarakan oleh Menlu Retno saat bertelepon dengan Pompeo," tambahnya.

"Pentingnya leadership dari AS supaya pengadaan vaksin dan obat-obatan yg terjangkau khususnya bagi negara bekrembang dan negara kurang berkembang."

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isu Palestina

Sementara itu isu terakhir yang dibahas oleh Retno Marsudi dan Mike Pompeo adalah Palestina.

Dalam percakapan keduanya, Achmad Rizal Purnama menyampaikan bahwa Menlu Retno menyampaikan sikap tegas Indonesia terhadap Palestina.

"Menlu Retno Marsudi kembali tegaskan posisi dasar Indonesia dalam UU untuk terus mendorong dan mendukung perjuangan rakyat Palsestina," ujar Rizal.

"Berdasar solusi dua negara khususnya juga antisipasi rencana anekasi yang sudah diumumkan Israel pada pekan-pekan ke depan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.