Sukses

Laporan Terbaru Sebut Kim Jong-un Terluka Saat Uji Coba Rudal, Benarkah?

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dilaporkan mengalami luka-luka dalam tes rudal bermunculan, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta- Kabar kondisi terkini Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dan lokasi keberadaanya, menuai spekulasi publik di dunia.

Selama lebih dari dua minggu, Kim Jong-un dilaporkan belum terlihat di depan publik, yang memunculkan desas-desus tentang apakah sesuatu terjadi padanya, seperti dikutip dari VOA News, Selasa (28/4/2020). 

Rumor tentang kondisi Kim Jong-un yang tersebar luas saat ini beragam. Suatu laporan mengatakan dia dalam kondisi vegetatif atau meninggal, sedangkan laporan lain mengatakan tidak ada yang salah dengan kesehatannya.

Tak hanya itu, beberapa laporan juga mengatakan Kim Jong-un mengalami luka-luka di kaki bagian bawahnya. Kabar lainnya mengatakan dia sedang memisahkan diri untuk menghindari Virus Corona COVID-19, juga adanya laporan bahwa dia terluka dalam tes rudal yang gagal.

Beberapa rumor yang bermunculan tersebut belum dijawab Korea Utara. Namun, media yang dioperasikan pemerintah mengatakan bahwa Kim Jong-un menjalankan tugasnya seperti biasa, meskipun tidak ada foto terbaru dirinya yang dipublikasikan.

Seorang ahli Korea Utara yang berbasis di Seoul, Rachel Minyoung Lee, mengatakan tindakan terbaru dari Korea Utara bukanlah hal baru. Rachel mengatakan, negara tersebut tidak bereaksi terhadap desas-desus tentang kesehatan pemimpin mereka. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi dari Korea Selatan

Menteri Unifikasi Korea Selatan, Kim Yeon-Chul pada Senin, 27 April menyampaikan intelijen negaranya dapat mengatakan bahwa "tidak ada gerakan yang tidak biasa di Korea Utara."

Selain itu, baru-baru ini seorang penasihat Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga mengatakan, bahwa Kim Jong-un masih hidup dan dalam keadaan sehat. Ia dilaporkan telah berada di daerah Wonsan sejak 13 April. 

Sebuah gambar satelit dari pekan lalu menunjukkan lokasi kereta khusus Kim Jong-un yang berada di daerah Wonsan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.