Sukses

Dituduh Donald Trump Chinasentris, Kepala WHO Minta Setop Politisasi Corona COVID-19

Kepala WHO mengeluarkan pernyataan permintaan untuk menyetop politisasi Virus Corona COVID-19. Hal itu mengemuka setelah Presiden AS Donald Trump menuding organisasi dunia itu Chinasentris.

Liputan6.com, Jenewa - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak adanya persatuan, sehari setelah instansi dunia tersebut mendapat kecaman dari Presiden AS Donald Trump.

Berbicara pada hari Rabu, Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus membela pekerjaan WHO dan menyerukan diakhirinya politisasi Virus Corona COVID-19.

"Tolong, persatuan di tingkat nasional, tidak menggunakan poin COVID-19 atau politik," kata Dr Tedros. "Kedua, solidaritas jujur ​​di tingkat global. Dan kepemimpinan jujur ​​dari AS dan China," demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (9/4/2020). 

"Yang paling kuat harus memimpin jalan dan tolong lakukan karantina politik Covid," ia mengimbau, dalam komentar yang dilihat sebagai tanggapan terhadap Trump.

Berbicara selama pengarahan Satuan Tugas Coronavirus harian di Gedung Putih, Presiden AS mengatakan sebelumnya pada hari Selasa bahwa WHO tampaknya "sangat bias terhadap China".

Donald Trump juga mengatakan bahwa ia akan mempertimbangkan untuk mengakhiri pendanaan AS untuk agensi tersebut.

"Mereka menyebutnya salah. Mereka benar-benar-mereka melewatkan panggilan," katanya. "Dan kita akan menahan uang yang dihabiskan untuk WHO. Kita akan memegangnya dengan sangat kuat, dan kita akan melihatnya."

Presiden AS itu menuduh WHO "sangat Chinasentris" dan mengatakan mereka "benar-benar menghancurkan" respons pandemi mereka.

Dr Tedros sekarang menolak komentar itu, bersikeras, "Kami dekat dengan setiap negara, kami buta warna."

Seorang penasihat kepala WHO sebelumnya mengatakan bahwa kerja sama erat mereka dengan China telah "sangat penting" dalam memahami penyakit pada tahap awal.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AS Sumber Dana Terbesar WHO

AS adalah salah satu penyandang dana sukarela terbesar badan tersebut, dengan data WHO menunjukkan bahwa mereka berkontribusi 15% terhadap keseluruhan anggarannya.

Pada hari Rabu, Dr Tedros telah mengecilkan ancaman finansial itu, dengan mengatakan ia yakin bahwa pendanaan AS akan berlanjut.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres sebelumnya telah menambahkan suaranya untuk membela organisasi.

Dia menggambarkan wabah Virus Corona sebagai hal yang "belum pernah terjadi sebelumnya" dan mengatakan penilaian apa pun tentang bagaimana penanganannya harus menjadi masalah di masa depan.

"Sekarang adalah waktu untuk persatuan, bagi komunitas internasional untuk bekerja bersama dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan," katanya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga dilaporkan menawarkan dukungannya kepada Organisasi Kesehatan Dunia dalam panggilan ke Dr Tedros pada hari Rabu.

"Dia menegaskan kembali kepercayaannya, dukungannya terhadap lembaga itu dan menolak melihatnya terkunci dalam perang antara China dan AS," kata seorang pejabat kepresidenan Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.