Sukses

Update Corona COVID-19: 275.434 Orang di Dunia Terinfeksi, 88.256 Pasien Sembuh

Update Virus Corona COVID-19 hari ini. Seorang WNI di Singapura meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Total kasus Virus Corona COVID-19 masih terus meningkat di dunia. Seorang WNI pun dilaporkan meninggal di Singapura akibat virus ini.

Berdasarkan peta Johns Hopkins University, Sabtu siang (21/3/2020), total orang yang terinfeksi adalah 275.434 orang. Di antaranya angka itu 88.256 pasien sembuh dan 11.399 orang meninggal dunia.

Meski kasus ini bermula dari China, jumlah korban meninggal terbanyak ada di Italia dengan 4.032 orang. Tim kesehatan China yang berangkat ke Italia pun mengkritik langkah lockdown yang kendor di negara tersebut.

Penyebaran COVID-19 di dunia juga sangat berbeda dari bulan lalu. Jumlah kasus di negara Asia seperti Korea Selatan, Jepang, atau Singapura sudah tidak lagi berada di lima teratas.

Selain China, daftar lima besar negara yang paling banyak kasus COVID-19 adalah Italia (47.021 kasus), Spanyol (21.571 kasus), Jerman (19.848 kasus), dan Iran (19.644 kasus).

Kasus kematian di Jerman tercatat sangat rendah, yakni 68 pasien. Empat negara lainnya telah mencatat ribuan kasus kematian akibat COVID-19.

Yang terbaru adalah kematian seorang WNI berusia 64 tahun di Singapura. Ia meninggal pada Sabtu pagi ini akibat COVID-19. Otoritas kesehatan Singapura berkata ia terkena komplikasi, serta punya riwayat penyakit jantung.

Berikut laporannya:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

WNI Meninggal di Singapura

Seorang WNI meninggal dunia di Singapura akibat Virus Corona (COVID-19). Ia tutup usia pada Sabtu pukul 10.15 pagi waktu setempat setelah mendapat perawatan di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

Channel News Asia melaporkan WNI itu berusia 64 tahun dan tiba di Singapura pada 13 Maret lalu dan langsung dirawat. Sebelumnya, ia sudah menjalani perawatan di Indonesia. 

Pasien baru dinyatakan positif kena Virus Corona pada 14 Maret di Singapura. Saat di Indonesia, ia dirawat karena pneumonia dan memiliki riwayat penyakit jantung. 

Pasien merupakan WNI pertama yang meninggal dunia di luar negeri akibat Virus Corona. Ia juga satu dari dua pasien Virus Corona yang meninggal di Singapura. Seorang lagi adalah perempuan Singapura yang juga berusia lanjut. 

Sebelumnya, ada kasus WNI terkena Virus Corona di luar negeri. Ada kasus kru kapal Diamond Princess di Jepang dan pernah juga kasus WNI terkena Virus Corona dari majikannya di Singapura. Namun, mereka berhasil pulih.

Pihak Kementerian Luar Negeri mengaku masih berkoordinasi dengan KBRI Singapura mengenai kasus terbaru ini. 

Hingga Jumat kemarin, KBRI Singapura menyebut ada total 14 WNI yang dirawat di Singapura akibat terkena Virus Corona. 

Dalam pernyataan resmi, pemerintah Singapura berjanji akan membantu keluarga pasien. Pemerintah Singapura juga meminta agar rakyat tetap teguh untuk melawan virus ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.