Sukses

11-3-2006: Michelle Bachelet Dilantik Jadi Presiden Perempuan Pertama Chile

Terpilihnya Michelle Bachelet menjadi sebuah puncak dari perjalanan panjang dari penindasan dan kediktatoran menuju demokrasi di Chile

Liputan6.com, Santiago - Tepat hari ini enam tahun lalu, Michelle Bachelet dilantik sebagai presiden perempuan pertama bagi Chile.

Michelle Bachelet, seorang sosialis, dokter anak dan mantan tahanan politik dan pengasingan, dilantik sebagai wanita pertama yang menjadi presiden Chile, demikian dikutip dari laman New York Times, Rabu (11/3/2020).

Kemenangannya ini menjadi sebuah puncak dari perjalanan panjang dari penindasan dan kediktatoran menuju demokrasi.

Bachelet yang kala itu berusia 54 tahun terpilih untuk masa jabatan empat tahun pada Januari, memenangkan 53,5 persen suara dalam putaran kedua. Aksesi ke kekuasaan di sini juga merupakan tonggak sejarah.

Meskipun enam wanita lain telah menjabat sebagai presiden di negara-negara Amerika Latin, Bachelet adalah sosok yang paling populer.

Bachelet adalah putri seorang jenderal angkatan udara yang dipenjara karena pengkhianatan dan meninggal di penjara setelah Jenderal Augusto Pinochet mengambil alih kekuasaan dalam kudeta yang didukung Amerika pada tahun 1973.

Dia dan ibunya juga ditahan pada tahun 1974. Kala itu ia mengalami penyiksaan.

Saat dilantik, Michelle Bachelet berjanji akan menegakkan Konstitusi Chile. Dia juga berjanji pada pemerintah yang berfokus pada kesetaraan sosial dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Prioritas langsungnya adalah pendapatan dan reformasi sistem pensiun negara yang lebih adil. Pada saat itu, seluruh dunia juga merayakan hari Perempuan Internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesetaraan Gender

Di hadapan banyak orang, ia mengatakan akan menyebarkan semangat kesetaraan gender selama masa pemerintahannya.

"Chile akan menjadi negara pertama yang akan memiliki presiden wanita. Terutama dalam posisi pengambilan keputusan sektor publik serta kesetaraan antara pria dan wanita."

Sekitar 30 pemimpin dari Amerika Latin dan Karibia, serta dari Afrika dan Oseania, ada di Chile untuk pelantikan.

Amerika Serikat diwakili oleh Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice, yang tiba Jumat 10 Maret 2006 mengatakan bahwa Washington berharap untuk "hubungan yang sangat baik" dengan pemerintah Bachelet.

Sejarah lain mencatat pada 11 Maret 1997, pentolan grup musik Beatles, Paul Mc Cartney diberi gelar Ksatria oleh Ratu Elizabeth II, atas 'layanannya kepada dunia musik Inggris'.

Selain itu, di Jepang, 5 tahun lalu, terjadi gempa magnitudo 9, mengakibatkan tsunami 10 meter menghantam kawasan Prefektur Miyagi dan sekitarnya. 15 Ribu nyawa melayang dan fasilitas nuklir Fukushima bocor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.