Sukses

Virus Corona Jadi Musuh Bersama, Indonesia Berkomitmen Bantu China

Liputan6.com, Jakarta - China masih terus berjuang dalam upayanya melawan penyebaran Virus Corona (COVID-19). Berbagai upaya telah dilakukan oleh negara tersebut, bahkan telah mendapat apresiasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Dukungan dari berbagai negara pun terus membanjiri pemerintah China, memberikan komitmen mereka untuk mendukung upaya China dalam memerangi virus ini. 

Hingga saat ini, lebih dari 170 pemimpin dunia dan 40 ketua organisasi internasional telah mengirimkan surat dukungan kepada pemerintah China. Bahkan, lembaga pemerintahan dan masyarakat dari sejumlah negara juga ikut menyampaikan dukungan mereka bagi China. 

Dalam pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri di Laos yang berfokus membahas Virus Corona COVID-19 beberapa waktu lalu, semua pihak yang hadir telah menentukan sikapnya untuk terus bekerja sama dalam menghadapi virus ini dan bekerja menangani dampak dari Virus COVID-19. Hal ini mengartikan kuartnya komitmen untuk bekerja sama dan keyakinan semua pihak yang terlibat dalam menyelesaikan persoalan ini. 

Komitmen ini pun juga ditegaskan oleh pihak Indonesia, ditandai sejak Presiden Jokowi melakukan panggilan telepon kepada Presiden Xi Jinping dan mengatakan akan berdiri teguh bersama rakyat China sebagai relasi yang tulus. 

"Sebagai dua negara bertetangga yang baik, China dan Indonesia selalu datang untuk saling membantu, seperti ketika masalah darurat dan tantangan waktu meghadapi bencana tsunami, gempa Wenchuan dan SARS," papar Dubes RRT untuk RI, Xiao Qian pada Senin 24 Februari 2020. 

Ia juga menambahkan bahwa berbagai komunitas di Indonesia juga menawarkan bantuannya bagi China melalui donasi, surat, pesan video yang memberi kekuatan dan menyentuh bagi masyarakat yang sedang menghadapi tantangan itu. 

2 dari 3 halaman

Virus Corona Jadi Musuh Bersama

Dubes Xiao Qian juga menyampaikan bahwa virus ini merupakan musuh bersama. 

"Perjuangan menghadapi Virus Corona tak hanya bagi pemerintah China, tapi juga bagi seluruh dunia," paparnya. 

China selalu siap untuk bekerja sama dengan pihak internasional, termasuk Indonesia untuk membantu dan memberi dukungan kepada satu sama lain, secara tanggap menangani tantangan ini dan mencegah penyebaran yang lebih luas lagi serta berkontribusi menjaga kesehatan publik di wilayah masing-masing. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading