Sukses

Dubes Finlandia Ungkap Resep Bahagia Negaranya

Liputan6.com, Jakarta - Reputasi Finlandia sebagai negeri paling bahagia di dunia sepertinya sudah tak asing lagi. Sudah banyak berbagai pemberitaan media terkait hal tersebut.

Banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari Finlandia. Mulai dari pendidikan, kecintaan mereka pada alam, dan resep warganya menjadi bahagia.

Sistem pendidikan Finlandia yang maju juga jadi sorotan. Duta Besar Finlandia di Republik Indonesia, Jari Sinkari, mengungkap sumber utama dari keberhasilan pendidikan di negaranya, yaitu kepercayaan terhadap kualitas guru. 

Dubes Sinkari pun mendukung penghapusan sistem UN yang jadi rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim. Sang Dubes menilai UN hanya membuat murid dan guru fokus pada lulus ujian. 

Salah satu resep Finlandia bisa jadi negara paling bahagia turut diungkap Dubes Sinkari, yakni karena baiknya pelayanan publik di sana. Hal itu memicu hati rakyat Finlandia menjadi tenang sehingga menciptakan kebahagiaan.

Apa lagi fakta-fakta menarik tentang Finlandia yang disampaikan Dubes Jari Sinkari? Benarkah di Finlandia tidak ada pekerjaan rumah untuk anak-anak sekolah?

Berikut wawancara Liputan6.com dengan Dubes Jari Sinkari dalam program The Ambassador beberapa waktu lalu:

Wawancara Bersama Dubes Jari Sinkari:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.