Sukses

Sulit Mengingat Mimpi? Ini Jawabannya

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang bersikeras mereka tidak pernah bermimpi, tetapi mereka salah. Semua orang bermimpi tapi mungkin tidak semua mengingatnya.

Ini merupakan sebuah aktivitas otak. Kita yang cenderung mengingat mimpi, memiliki aktivitas lebih besar saat tidur dan bangun di dua bagian otak yang terlibat dalam penyimpanan memori mimpi daripada orang yang tidak mengingat mimpi.

Dilansir dari New Scientist, ini ada hubungannya dengan cara tidur. Selama tidur, REM (Rapid Eye Movement) berjuang untuk membentuk ingatan baru, kata Robert Stickgold dari Harvard Medical School.

Namun, jika terbangun setelah mimpi, Anda dapat menangkap ingatan mimpi tersebut sebelum hilang dan dapat mengingat mimpi itu dalam jangka panjang.

Jika bangun di malam hari, Anda mungkin akan mengingat potongan-potongan mimpi yang dialami. Namun, jika bangun dengan mempersingkat tidur REM, Anda tidak mungkin mengingat mimpi itu.

Sekalipun tengah bermimpi saat tidur, namun perubahan fokus yang tiba-tiba dari tidur-selagi bermimpi-menjadi bangun untuk melakukan aktifitas lain, dapat mengganggu proses mengingat.

2 dari 4 halaman

Bahan Kimia Otak Berada pada Tingkat Terendah

Salah satu alasan mengapa mimpi sulit untuk diingat adalah bahwa bahan kimia otak yang terkait dengan memori, yakni norepinefrin, dan aktivitas listrik otak yang membantu mengingat, sedang berada pada tingkat terendah ketika Anda bermimpi.

Faktanya, jika Anda memiliki mimpi tetapi tidak bangun selama mimpi, Anda tidak akan dapat mengingatnya.

Mimpi yang Anda ingat adalah mimpi yang sedang berlangsung saat bangun.

3 dari 4 halaman

Cara Mengingat Mimpi

Dua cara untuk membantu mengingat mimpi-mimpi Anda adalah dengan mengatakan pada diri Anda sendiri ketika Anda tertidur bahwa Anda ingin mengingat mimpi Anda.

Jika itu pemikiran terakhir Anda, Anda mungkin akan terbangun dengan mimpi yang masih agak segar dalam ingatan Anda.

Karena mengingat mimpi dapat dengan mudah terganggu oleh gangguan sekecil apa pun, Anda harus mencoba mengingat sebanyak mungkin mimpi Anda segera setelah Anda bangun.

Jangan bangun dari tempat tidur, cobalah pegang gambar atau kenangan apa pun yang Anda miliki tentang mimpi Anda dan tuliskan mimpi Anda dalam catatan kecil agar tidak langsung lupa.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3: Deretan Tingkah Kucing Super Nyeleneh
Artikel Selanjutnya
Jangan Abaikan 10 Simbol Ini dalam Mimpi Anda