Sukses

Meriah, Begini Perayaan Natal di Stasiun Antariksa

Liputan6.com, Jakarta - Malam Natal di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) tidak berbeda dengan perayaan di Bumi. Meski berada 250 mil di angkasa, para astronot ISS menghiasi stasiun ruang angkasa dan menggelar pesta meriah dengan sajian minuman coklat panas dan kue buah.

Saat ini ada enam kru yang ditempatkan di ISS, termasuk astronot NASA Jessica Meir, Christina Koch dan Andrew "Drew" Morgan.

Orang Amerika yang bergabung dengan Komandan ISS Luca Parmitano dari Italia dan Kosmonot Rusia Oleg Skripochka dan Alexander Skvortsov. Pada Malam Natal, para astronot dan Komandan AS Parmitano berkumpul untuk siaran khusus Natal.

Anggota kru ISS mengatasi tantangan menghabiskan Natal di ruang angkasa, jauh dari teman dan keluarga tetapi menggunakan kesempatan untuk menyebarkan pesan "perdamaian dan cinta" kepada dunia.

Pesan pertama datang dari astronot NASA Christina Koch.

 

"Selamat berlibur. Anda tahu, hal favorit saya tentang musim liburan adalah saat dunia melambat dan kita semua mendapat kesempatan untuk memikirkan dan menghargai serta merenungkan apa yang penting, yaitu orang-orang yang kita cintai dan habiskan waktu bersama," ujar Koch seperti dikutip dari Express.co.uk, Kamis (26/12/2019).

"Namun kamu merayakan liburan ini tahun ini, semoga indah dan penuh sukacita."

 

2 dari 3 halaman

Pesan dan Harapan Astronot

Dr Morgan kemudian menyambung ucapan Koch.

 

"Anda tahu, ketika saya merasa rindu keluarga di Bumi, saya tahu bahwa mereka mengunjungi keluarga dan menghabiskan waktu bersama kerabat, kita akan melakukan banyak hal yang sama."

“Saya akan membawa beberapa tradisi keluarga saya sendiri bersama kami di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Pada malam Natal, kami mematikan semua lampu di rumah dan kami hanya menyalakan lilin."

“Sekarang kita tidak dapat memiliki lilin dan cahayanya di Stasiun Luar Angkasa Internasional, tetapi kita dapat mematikan lampu dan menonton film Natal. Jadi kita akan melakukan hal seperti itu dan menikmati Malam Natal bersama dan menyambut di Hari Natal keesokan paginya."

 

Komandan Parmitano kemudian mengambil mikrofon dan berkata:

 

"Saat ini dalam setahun berarti bagi kebanyakan orang, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman mereka."

"Kami memiliki teman istimewa di atas kapal - kru kami - dan kami sangat senang bisa bersama."

“Tapi tentu saja, kita tidak bisa menghabiskannya dengan keluarga kita. Pada saat yang sama, pikiran kami ke semua orang yang dikerahkan ke daerah berbahaya dan kritis, dan melakukan pelayanan, dan mereka juga tidak dapat menghabiskan waktu mereka dengan keluarga dan teman."

"Kami memikirkanmu selama kami di orbit ini."

 

3 dari 3 halaman

Kue Buah untuk Natal...

Dr Meir kemudian mengambil mikrofon, untuk berbicara tentang merayakan Hanukkah dan Natal.

Pada 22 Desember, astronot mengucapakan selamat untuk orang di Bumi. "Selamat Hari Hanukkah".

Astronot itu berkata:

 

“Ketika saya tumbuh dewasa, saya cukup beruntung untuk merayakan dua hari libur yang berbeda sepanjang musim liburan - baik Natal maupun Hanukkah.

"Jadi, apa pun yang Anda rayakan pada musim liburan ini, kami harap Anda menemukan kedamaian dan cinta, dan menikmati menghabiskan waktu bersama semua orang di sekitar Anda yang penting."

"Kami akan merayakan di sini juga dengan beberapa waktu khusus tambahan."

 

Para astronot kemudian meluncurkan kaus kaki Natal mereka, mengungkapkan beberapa suguhan Natal yang telah mereka simpan.

Makanannya termasuk salmon asap, kue buah Natal, sari apel panas, dan kakao.

"Kami harus datang jauh-jauh ke ruang angkasa untuk mencoba dan menjauh dari kue buah tetapi tidak berhasil, kami tetap mendapatkan beberapa," kata Meir bahagia.

 

Berikut ini rekaman selengkapnya:

Loading