Sukses

FARC Akan Bebaskan Wartawan Prancis

Pemberontak Kolombia FARC akan membebaskan wartawan Prancis, Romeo Langlois, seperti disampaikan Palang Merah Internasional.

Liputan6.com, Bogota: Pemberontak Kolombia FARC akan membebaskan wartawan Prancis, Romeo Langlois, seperti disampaikan Palang Merah Internasional (ICRC). Kelompok pemberontak itu mengatakan telah bersiap membebaskan wartawan itu kemudian menyerahkannya kepada sebuah organisasi, yang melibatkan pula ICRC dan utusan khusus Presiden Prancis terpilih Francois Hollande.

Langlois, 35 tahun, ditangkap pada 28 April lalu ketika dia merekam tindakan militer Kolombia menghancurkan laboratorium kokain. Sebelumnya FARC menyebut Langlois sebagai seorang "tahanan perang". "Kami telah menerima pernyataan langsung dari kelompok itu," kata kepala ICRC Kolombia, Jordi Raich.

"Kami menyambut pengumuman atas pembebasan dan kami siap untuk mengatur operasi di mana pun dan secepat mungkin," kata dia seperti dikutip BBC Indonesia, Senin (14/5).

Februari lalu, kelompok sayap kiri menjanjikan untuk menghentikan penculikan masyarakat sipil untuk mendapatkan tebusan. Bagaimanapun, kelompok antipenculikan memperkirakan masih ada ratusan warga sipil yang disandera.

Kelompok pemberontak mengatakan mereka mempertimbangkan Langlois sebagai tahanan perang karena dia bersama dengan unit tentara dan menggunakan helm militer dan rompi antipeluru. Penculikannya telah menimbulkan kecaman di Kolombia dan sejumlah negara.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini