Sukses

Nenek Tiri Kim Jong-un Dikabarkan Meninggal Dunia

Liputan6.com, Pyongyang - Istri kedua pendiri Korea Utara, Kim Il-sung meninggal dunia, demikian kata pemerintah Korea Selatan pada Rabu 12 Desember 2018.

Kim Song-ae, yang merupakan nenek tiri Kim Jong-un, lahir pada tahun 1924, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (12/12/2018).

Menanggapi obituari Kim Song-ae, Kementerian Unifikasi pemerintah Korea Selatan mengatakan, "Kami akan memperbarui kabar tentang kematiannya serta silsilah keluarga Kim (secara keseluruhan)."

Kim Song-ae dilaporkan menikahi Kim Il-sung pada 1953, empat tahun setelah kematian istri pertamanya Kim Jong-suk --yang merupakan ibu kandung Kim Jong-il dan nenek kandung Kim Jong-un.

Ia terlihat pernah mendampingi Kim Il-sung saat menerima kedatangan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter ke Pyongyang, Korea Utara pada 1994 --ketika fase awal program pengembangan nuklir negara despot itu.

Namun, dalam sisa hidupnya, perempuan itu dikabarkan telah terpinggirkan dari lingkaran kekuasaan Korea Utara sejak beberapa tahun lalu.

Bahkan kabarnya, Kim Song-ae dipaksa menjadi tahanan rumah, menyusul upayanya yang gagal untuk mempromosikan putra kandungnya, Kim Pyong-il, guna menjadi penerus Kim Il-sung. Namun pada akhirnya, Kim Jong-il yang kemudian menjadi pemimpin ke-2 Korut.

Paman tiri Kim Jong-un itu kini menjabat sebagai duta besar Korut untuk Republik Ceko.

 

 

Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Kabar Obituari Bukan yang Pertama Kalinya

Ini bukan pertama kalinya obituari Kim Song-ae muncul.

Pada 2014, North Korean Intellectuals Solidarity, sekelompok pembelot Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan, pernah mengabarkan bahwa dia telah meninggal di Kanggye di mana dia telah hidup tanpa komunikasi.

Di sisi lain, terakhir kali media pemerintah Korea Utara menyebut nama Kim Song-ae adalah pada 1995, ketika dia terdaftar sebagai orang yang berkabung di pemakaman mantan Menteri Pertahanan O Jin-u.

Kim Song-ae dikabarkan memiliki putra dan putri lain. Putra kandung keduanya Kim Yong-il meninggal di Jerman pada tahun 2000 di usia 45 tahun, sementara putrinya tinggal di Austria bersama sang suami, menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dituduh Melanggar HAM, 3 Pejabat Korea Utara Diberi Sanksi oleh AS
Artikel Selanjutnya
Lawatan Kim Jong-un ke Korea Selatan Akhir 2018 Batal?