Sukses

Badai Tropis Heidi Hantam Australia Barat

Liputan6.com, Sydney: Badai tropis Heidi melanda pantai barat Sydney, Australia, Kamis (12/1). Badai tersebut menyeberangi pantai Australia Barat (WA) dan menghantam Port Hedland dengan hujan lebat dan angin kencang.

Australian Associated Press (AAP) menyampaikan bahwa badai yang masuk pada dikategori dua itu, melanda wilayah Pilbara, Australia Barat sekitar pukul 04.30 waktu setempat.

Akibat badai, sekitar 2.000 rumah penduduk di sekitar Port Hedland menjadi sasaran. Jalan-jalan di wilayah tersebut juga tergenang banjir. Tanda bahaya juga masih ditujukan untuk wilayah antara Pardoo and Whim Creek, termasuk di Port dan South Hedland. Pihak berwenang mendesak penduduk agar tetap tinggal di dalam rumah demi keselamatan mereka.

Noel Puzey dari pusat peringatan topan WA melaporkan pada Sky News Australia bahwa Heidi melintasi pantai sekitar 10 kilometer di sebelah timur Port Hedland dan terus menyapu wilayah Pilbara. Angin yang berembus memiliki kekuatan 130 km/jam, serta curah hujan berkisar 90 milimeter, yang direkam sebelum badai melintas. Heidi diperkirakan akan melemah ketika bergerak ke arah selatan.

Sebelumnya gelombang badai yang berbahaya itu memang telah diperkirakan akan melanda daerah pesisir. Bandara Port Hedland dan pelabuhan ekspor massal pun telah ditutup, ketika tanda-tanda badai mulai terlihat. (Xinhua/MEL)
    Loading