Sukses

Tertawalah, Ini 5 Manfaat Luar Biasa yang Akan Anda Rasakan

Sejumlah penelitian menyebut ada manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan apabila tertawa.

Liputan6.com, Jakarta - Tertawa lekat dengan kegembiraan yang muncul dari setiap orang. Aktivitas sederhana ini rupanya memiliki manfaat luar biasa.

Sejumlah penelitian menyebut ada manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan apabila tertawa. Sebab aktivitas itu bisa membuat suasana hati berubah menjadi lebih riang.

Oleh sebab itulah, para peneliti menggunakan metode tertawa untuk sejumlah terapi penyakit. Hasilnya juga menjanjikan, penyakit dan gejala yang dialami oleh sejumlah orang menurun gara-gara melakukan aktivitas tersebut sebagai penyembuhan.

Seperti dikutip dari laman Mentalfloss.com, Senin (15/10/2018), berikut 5 manfaat luar biasa dari tertawa yang perlu Anda tahu:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Simbol Kebahagiaan

Menurut sebuah studi 2010 di BMC Complementary and Alternative Medicine, tertawa dan tersenyum umumnya dimaksudkan sebagai pesan yang baik.

Peneliti juga mengungkapkan jika tertawa merupakan simbol dari kebahagiaan. Tertawa membutuhkan kontraksi yang sinergis pada otot wajah dan ini baik untuk kesehatan.

 

3 dari 6 halaman

2. Menetralkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu efek samping stres yang paling berbahaya. Namun, peneliti telah menyelidiki bahwa tawa dapat menurunkan tekanan darah.

Studi ini dilakukan 2017 oleh Journal of Dental and Medical Research, di mana 40 pasien menjalani program hemodialisis dengan cara tertawa.

Setelah tiga bulan melakukan aktivitas tertawa, tekanan darah yang dialami oleh para peserta penelitian menemukan penurunan tekanan darah seseorang secara signifikan.

4 dari 6 halaman

3. Menghilangkan Rasa Emosi

Sebuah studi tahun 1990 dalam Psychological Reports mengamati efek tawa pada kecemasan yang diinduksi oleh ancaman.

Subyek dalam kelompok eksperimen mendengarkan rekaman lucu setelah merasakan emosi yang tidak tertahan. Mulai dari marah hingga menangis.

Mereka yang diteliti kemudian melaporkan bahwa kecemasan mereka menurun selama periode mendengarkan rekaman lucu.

Dari perspektif psikologis umum, penulis Bernard Saper menyarankan dalam sebuah makalah untuk Psychiatric Quarterly bahwa kemampuan untuk mempertahankan rasa humor dan kemampuan untuk tertawa dapat bertindak sebagai mekanisme penanggulangan positif untuk membantu seseorang melewati masa-masa sulit.

5 dari 6 halaman

4. Menghilangkan Depresi

Sejumlah pasien di sebuah rumah sakit mengalami depresi sedang hingga berat dan mendapat terapi tertawa agar dapat menghilangkan beban pikirnya.

Setelah dilakukan perawatan dan terapi jangka panjang, hasilnya cukup menjanjikan. Terapi tawa, yang subyeknya dilakukan lebih dari delapan sesi, selama 40 menit -- dua kali seminggu ini cukup berhasil.

Mereka menyanyikan lagu-lagu lucu, bermain, menari hingga bertepuk tangan. Hasilnya menunjukkan penurunan depresi dan perbaikan suasana hati secara umum serta peningkatan kualitas tidur.

6 dari 6 halaman

5. Membakar Kalori

Hal lain yang dapat Anda rasakan dari tertawa adalah membakar kalori dalam tubuh. Sebuah studi 2014 di International Journal of Obesity menemukan bahwa tawa dapat membakar kalori.

Dalam penelitian tersebut menyimpulkan bahwa tertawa selama 10 menit mampu membakar lemak hingga 10 kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.