Sukses

5 Bagian Tubuh yang Bisa Menggambarkan Kepribadian Seseorang

Liputan6.com, Jakarta - Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan. Struktur dan bagian tubuh adalah ciptaan Tuhan yang diberikan kepada manusia.

Semakin berkembangnya zaman, maka kemajuan pengetahuan terus meningkat. Sejumlah penelitian dilakukan oleh manusia soal anggota dan bagian tubuh manusia.

Para peneliti meyakini bahwa bentuk-bentuk dari bagian tubuh manusia bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Mulai dari mata, hidung hingga bibir.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (12/10/2018), berikut 5 bagian tubuh manusia yang bisa menggambarkan kepribadian seseorang:

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Bentuk Hidung

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Craniofacial Surgery pada 2013, jaringan yang menghubungkan tulang dan bentuk hidung Anda dapat menyampaikan sejumlah hal tentang kepribadian seseorang.

Para peneliti mempelajari hampir 1.700 gambar hidung orang dan mengelompokkan semuanya dalam 14 jenis. Mereka menganalisis bentuk hidung dan memposting temuan mereka.

  • Orang dengan hidung panjang sangat ambisius dalam kehidupan profesional mereka dan sosok pekerja keras. Mereka cenderung perfeksionis dan biasanya menempatkan kehidupan profesional yang utama dari kehidupan pribadi.
  • Namun, orang dengan hidung lebih pendek adalah individu yang sangat sensitif dan setia. Mereka menghargai perasaan lebih dari apa pun dan lebih suka berbahagia bersama keluarga daripada memiliki karier yang sukses.
  • Orang-orang dengan hidung runcing dapat menjadi penasihat keuangan yang hebat karena mereka cenderung menangani uang dengan sangat bijaksana
  • Si pemilik lubang hidung besar adalah tanda bahwa seseorang suka menghabiskan uang daripada menyimpannya, dan lubang hidung kecil menunjukkan komitmen yang kuat untuk hubungan pribadi dan keluarga.

 

3 dari 6 halaman

2. Bentuk Muka

Wajah manusia memiliki struktur yang sangat kompleks dan mampu mengungkap banyak tentang fungsi sosial dan pribadi dari seorang individu.

Cesare Lombroso, pendiri antropologi kriminal, berpendapat bahwa setiap jenis kejahatan dapat ditentukan oleh struktur wajah orang yang melakukannya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Plos One Journal pada tahun 2014 mengambil 160 peserta untuk diteliti.

  • Studi ini menemukan bahwa orang-orang dengan wajah panjang dikenal sebagai individu yang sangat cerdas secara akademis, sedangkan orang-orang pemilik struktur wajah sempit memiliki kecerdasan emosional bukan kecerdasan intelektual.
  • Studi ini juga menemukan bahwa orang dengan wajah lebar lebih cenderung berprasangka, tanpa emosi, dan sangat sukses.

 

4 dari 6 halaman

3. Warna Bola Mata

Penelitian dilakukan di Universitas Orebro di Swedia. Para ilmuwan mempelajari mata dari 428 orang, di samping sifat-sifat kepribadian mereka untuk memeriksa apakah mata mereka mencerminkan karakter.

Mereka memeriksa pola mata hingga kontraksi garis ketika pupil membesar di sepanjang kurva iris.

Para peneliti berpendapat bahwa baik kepribadian dan struktur mata terkait dengan lobus frontal otak yang bertanggung jawab untuk membentuk kepribadian kita.

  • Orang-orang dengan bola mata coklat besar adalah pemimpin yang lahir secara alami dan individu yang sangat cerdas. Kendati demikian pemilik bola mata coklat sangat gelap adalah pribadi yang introvert, misterius, dan penuh rahasia.
  • Orang-orang dengan bola mata biru muda dan iris melengkung dikenal sangat teguh dengan pendapat dan cenderung sangat kompetitif, sementara yang bola matanya biru gelap ditemukan memiliki banyak kekuatan fisik dan sangat sensitif.
  • Orang-orang dengan bola mata berwarna gelap dinilai lebih introvert dan misterius. Sementara yang memiliki warna lebih terang dinilai lebih terbuka dan sosial.

 

5 dari 6 halaman

4. Bentuk Bibir

Jean Haner, seorang ahli dalam membaca wajah, menemukan bahwa bibir Anda memengaruhi kepribadian seseorang. Bibir menunjukkan sisi emosional Anda dan bagaimana Anda bertindak dalam hubungan pribadi.

  • Orang dengan bibir berukuran sedang cenderung mandiri dalam hubungan, menghargai kasih sayang, tetapi tidak menyukai drama.
  • Sementara orang dengan bibir yang lebih besar cenderung sangat peduli terhadap orang lain dan mengutamakan semua orang.
  • Orang-orang yang memiliki bibir lebar cenderung dermawan dan suka bergaul dan senang melayani kebutuhan orang yang mereka cintai.
  • Orang-orang dengan bibir tipis dikenal lebih kompetitif dan kesepian. Mereka terkadang lebih suka sendirian daripada menghabiskan waktu bersama orang lain. Tetapi mereka juga disukai karena memiliki kepribadian yang kuat.

 

6 dari 6 halaman

5. Tulang Rahang

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Direct, individu dengan tulang pipi yang lebih besar dan tingkat testosteron yang lebih tinggi memiliki kepribadian yang lebih agresif. Mereka lebih mungkin menjadi pelaku kekerasan.

Penelitian telah menentukan bahwa semakin tulang pipi seseorang terlihat, semakin kuat kepribadian mereka karena tingginya kadar testosteron.

Loading