Sukses

Suka Jet Lag Saat Liburan ke Luar Negeri, Coba 4 Makanan dan Minuman Ini

Semua tergantung dari asupan yang Anda konsumsi. Coba dari daftar berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu tahu kalau jet lag bisa membuat perjalanan liburan ke luar negeri yang menyenangkan berubah jadi menyebalkan. Sebab, kondisi seperti ini bisa mengganggu karena adanya perubahan pola tidur, rasa selalu mengantuk, lelah, dan dehidrasi.

Semua rencana traveling yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari bisa saja berantakan karena hal ini.

Untuk mengatasi hal ini tidaklah sulit. Semua tergantung dari asupan yang Anda konsumsi. Makanlah makan-makanan sehat sehingga kemungkinan jet lag tidak terjadi.

Seperti dikutip dari laman Bustle.com, Selasa (11/9/2018), berikut 4 makanan dan minuman yang dapat atasi jet lag saat melakukan perjalanan jauh:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jangan Lupa Makan Sayuran

Selain menyebabkan kelelahan, hal buruk lainnya yang dapat mengancam ketika jet lag adalah gangguan gastrointestinal atau saluran pencernaan.

Dr. Frank Lipman, pendiri dan direktur Eleven Eleven Wellness Centre di New York City, merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan nabati sebelum perjalanan Anda.

Dokter tersebut merekomendasikan agar Anda tidak melupakan asupan makanan seperti sayuran hijau sehingga terhindar dari jet lag.

3 dari 5 halaman

2. Jajanan Sehat

Perjalanan Anda akan penuh banyak hambatan apabila mengonsumsi makanan cepat saji sebelum berangkat traveling. Jika Anda benar-benar lapar, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat.

Sebab, ini akan membuat Anda mudah jet lag. Menurut Dr David Greuner, ahli bedah kardiovaskular lebih baik mengonsumsi makanan dengan karbohidrat rendah seperti biji-bijian.

Ada jajanan sehat seperti Trail Mix yang berasal dari kacang-kacangan yang dicampur dalam berbagai macam jenis.

4 dari 5 halaman

3. Infuse Water Buah Jeruk

Salah satu faktor penyebab terjadinya jet lag adalah kurangnya konsumsi air bagi tubuh (dehidrasi). Infus water yang dibuat dari potongan buah jeruk dapat menjadi solusinya.

Cukup mudah untuk membuat minuman ini. Cukup potong buah jeruk, lemon atau jeruk nipis lalu masukkan ke dalam botol air minum. Diamkan hingga satu malam dalam lemari pendingin lalu bawa untuk bisa di minum sebelum atau sesudah mendarat.

 

5 dari 5 halaman

4. Buah Ceri

Studi terbaru menemukan bahwa ceri memiliki zat-zat yag mampu mengatasi masalah jet lag. Mulai dari memerangi peradangan, kesehatan usus hingga mengatur pola tidur adalah manfaat dari buah kecil berwarna merah ini.

Sebuah penelitian juga menyebut bahwa dalam buah ceri terdapat zat flavonoid yang baik mengeluarkan racun di tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jet lag sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan respons tubuh yang wajar ketika seseorang mengalami perubahan zona waktu yang ekstrem.

    Jet Lag