Sukses

Rumah Warga hingga Lapangan Golf, 3 Kemunculan Buaya Ini Sempat Bikin Heboh

Kemunculan buaya di tempat yang jauh dari 'rumahnya' mengundang tanda tanya dan bikin heboh orang-orang di sekitarnya. Bagaimana bisa, apa yang dicari?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah orang bergidik mendengar kata "buaya". Sebab reptil yang satu ini dikenal liar dan buas serta kerap menyerang manusia.

Kehadiran buaya pun kerap dihindari oleh siapapun, baik itu hewan maupun manusia. Khawatir menjadi target santapannya.

Biasanya buaya terlihat berada di lokasi yang berada dekat dengan habitatnya, perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lain, atau di air payau. Kendati demikian, kemunculannya di tempat yang jauh dari 'rumahnya' mengundang tanda tanya. Bagaimana bisa, apa yang dicari?

Kehadiran buaya di tempat tak semestinya itu kerap membuat mereka yang berada di sekitarnya heboh lalu ketakutan. Tak jarang mengakibatkan orang berlarian menyelamatkan diri.

Beberapa lokasi yang tiba-tiba didatangi buaya dan membuat geger itu seperti rumah warga hingga lapangan golf. Berikut ini ulasannya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (1/7/2018):

1. Buaya di Kolam Renang Rumah Warga

Ilustrasi buaya menganga (iStock)

Kemunculan buaya di kolam renang warga ini terjadi Florida Keys, Amerika Serikat.

Seorang warga di Florida Keys terkejut ketika ia terbangun dan melihat binatang besar mengerikan mengapung dengan santai di kolam renang halaman belakang rumahnya.

Juru bicara kepolisian wilayah Monroe, Becky Herrin mengatakan, warga Islamorada, 130 km dari Mimai selatan, menghubungi petugas sekitar pukul 7.30 pada hari Kamis 21 Januari 2016.

Sebuah foto yang diambil petugas yang menanggapi laporan memperlihatkan seekor buaya mengapung di kolam renang. Herrin mengatakan reptil tersebut sepanjang 2,4 meter.

Petugas yang menanggapi laporan kemudian menghubungi Florida Fish and Wildlife Conservation Commission untuk membantu dalam penangkapan dan pengalihan buaya ke habitat aslinya.

"Bahu membahu mereka berhasil mengusir buaya tersebut kembali ke lautan," ungkap Herrin.

Dilansir dari The Guardian, 22 Januari 2016, buaya Amerika merupakan spesies yang terancam punah. Sebagian besar hidup di perairan payau Florida Selatan dan Keys.

Belakangan diketahui hewan tersebut merupakan spesies buaya besar yang dapat tumbuh sepanjang 6 meter dan berat 907 kg. Rata-rata buaya dewasa memiliki panjang 4,1 meter, sementara betina cenderung berukuran lebih kecil.

Menurut laporan, ada sekitar 2.000 buaya Amerika yang menghuni negeri itu.

Sebuah video sempat direkam oleh pihak petugas yang memperlihatkan buaya menuju Lautan dari kolam renang. Berikut rekamannya:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buaya di Lokasi Wisata

Kemunculan buaya muara berukuran raksasa membuat panik warga kota Townsville, Australia, pada Selasa 2 Januari 2017.

Pasalnya, buaya muara raksasa tersebut terekam kamera tengah berenang melintasi pesisir distrik wisata The Strand, mulai dari kawasan Kissing Point hingga Jezzine Barracks.

Petugas dari Departemen Lingkungan dan Konservasi Budaya setempat pun langsung memberikan status waspada terkait hal tersebut.

Dikutip dari laman News.com.au pada Rabu 3 Januari 2017, buaya muara tersebut pertama kali terlihat oleh seorang turis wanita bernama Cordelia Hough ketika sedang berjalan santai sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Ia pun langsung merekam penampakan tersebut dan melaporkannya ke pihak berwenang untuk segera memberikan peringatan untuk tidak berenang di pesisir distrik wisata The Strand.

Sebelumnya, pada 14 November 2017 lalu, buaya muara juga terekam kamera melintasi kawasan pelabuhan kota Townsville, namun tidak terdeteksi lagi hingga akhir tahun.

Otoritas setempat pun meyakini bahwa buaya muara yang baru terlihat itu adalah buaya yang sama ketika terekam oleh kamera CCTV di pelabuhan Townsville.

3 dari 3 halaman

3. Buaya Raksasa Bikin Geger di Lapangan Golf

Pegolf di Buffalo Creek Golf Course, Palmetto, Florida, dikejutkan dengan pemandangan fantastis yang mirip dengan cuplikan film Jurrasic Park.

Seekor buaya raksasa tiba-tiba melintas dengan santai -- tak menghiraukan orang-orang di sekitarnya.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa 31 Mei 2016, pemandangan langka buaya serupa dinosaurus itu berhasil diabadikan dalam sebuah rekaman oleh seorang pegolf, Charles Helms.

Dalam rekaman tersebut, ukuran buaya itu terlihat lebih besar ketika seorang pria berjalan mendekatinya untuk mengambil foto.

Menurut laporan pengelola lapangan golf, Wendy Schofield, buaya memang sering melintasi lapangan golf tersebut. Hewan tersebut dilindungi dan berada di bawah pengawasan Manatee County.

"Banyak orang mendengar buaya besar itu ada di sini dan mereka ingin melihatnya. Buaya itu tidak mengganggu pengunjung, begitu juga sebaliknya. Mereka menunggu kemunculannya, buaya itu seperti 'maskot' di sini," kata Wendy.

Dalam rekaman tersebut, ukuran buaya itu terlihat lebih besar ketika seorang pria berjalan mendekatinya untuk mengambil foto.

Menurut laporan pengelola lapangan golf, Wendy Schofield, buaya memang sering melintasi lapangan golf tersebut. Hewan tersebut dilindungi dan berada di bawah pengawasan Manatee County.

"Banyak orang mendengar buaya besar itu ada di sini dan mereka ingin melihatnya. Buaya itu tidak mengganggu pengunjung, begitu juga sebaliknya. Mereka menunggu kemunculannya, buaya itu seperti 'maskot' di sini," kata Wendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.