Sukses

Pilot Jet Tempur AS Tewas Saat Misi Terbang di Nevada

Seorang pilot jet tempur anggota unit akrobatik AU AS yang juga konsultan untuk film Marvel Cinematic Universe tewas dalam misi terbang di Nevada, AS pada Kamis, 5 April 2018.

Liputan6.com, Nevada - Seorang pilot jet tempur anggota unit akrobatik Angkatan Udara Amerika Serikat tewas dalam misi terbang di Nevada, AS pada Kamis, 5 April 2018.

Jet tempur F-16 yang diawaki oleh Mayor AU Stephen Del Bagno seorang jatuh dalam misi latihan penerbangan di Nevada Test and Training Range sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Demikian seperti dikutip dari NBC News (6/4/2018).

Pesawat itu jatuh beberapa saat usai lepas landas dari Nellis Air Force Base (AFB), dekat Las Vegas, Nevada.

"Kami sangat berduka atas tewasnya Mayor Del Bagno," kata Brigjen AU Jeannie Leavitt, Komandan Wing 57 di Nellis AFB dalam sebuah pernyataan resmi.

Wing 57 merupakan induk unit US Air Force Air Demonstration Squadron - 'Thunderbirds', sebuah skuadron jet tempur akrobat Angkatan Udara AS. Skuadron itu kerap melaksanakan sejumlah misi terbang akrobatik untuk berbagai perhelatan seremoni militer.

"Del Bagno merupakan personel penting untuk skuadron. Kami sungguh merasa kehilangan," lanjut Brigjen Leavitt.

Sementara itu, lewat sebuah pernyataan, Thunderbirds menjelaskan, latihan penerbangan yang dilakukan oleh Del Bagno adalah persiapan jelang festival di March Air Reserve Base di California Selatan pada akhir pekan nanti -- di mana skuadron tersebut akan tampil.

Namun, menyusul tewasnya sang mayor, Thunderbirds batal tampil pada perhelatan tersebut.

Saat ini, penyelidikan terkait tewasnya Del Bagno tengah dilakukan oleh otoritas terkait.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsultan Pilot untuk Film Marvel Cinematic Universe

Mayor AU Stephen Del Bagno asal Valencia, California telah bergabung dengan Angkatan Udara AS sejak 2005 usai lulus dari Utah Valley State University.

Sejak bergabung dengan AU AS, Del Bagno telah mencatat 3.500 jam terbang. Ia juga berdinas sebagai pengevaluasi pilot-pilot AU AS.

Ia baru bergabung dengan US Air Force Air Demonstration Squadron - 'Thunderbirds' beberapa bulan belakangan.

Del Bagno juga merupakan konsultan pilot untuk film Marvel Cinematic Universe berjudul Captain Marvel, produksi Marvel Studios yang dibintangi Aktris Terbaik Oscar, Brie Larson. Film itu akan rilis pada 2019.

Pihak Marvel Studios yang paham akan kabar tewasnya Del Bagno turut menyampaikan ucapan bela sungkawa.

"Kami kehilangan seorang teman kemarin. Marvel Studios sungguh berduka mendengar kabar tewasnya Mayor AU Stephen Del Bagno. Kami sungguh beruntung memilikinya sebagai konsultan untuk Captain Marvel. Kami sungguh merindukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.