Sukses

Paus Fransiskus Basuh Kaki Narapidana, Dua di Antaranya Muslim

Paus Fransiskus mendatangi sebuah penjara di Roma, Italia. Ia mencuci kaki para tahanan dari berbagai negara dan agama, dua di antaranya Muslim.

Liputan6.com, Roma - Paus Fransiskus membasuh kaki para tahanan di penjara Roma, Italia, pada Kamis 29 Maret 2018.

Tak pandang bulu, pemimpin tertinggi Gereja Katolik ini rela bersimpuh di hadapan narapidana, membersihkan dan mencium kaki mereka, termasuk dua orang Muslim, seorang Kristen Ortodoks dan seorang Buddha.

Ritual tersebut dilakukan Paus Fransiskus sebagai bagian dari perayaan Kamis Putih. Kali ini, ia memilih untuk mendatangi penjara khusus pria, Regina Coeli.

"Setiap orang selalu memiliki kesempatan untuk mengubah hidupnya dan orang lain tak berhak mendikte," kata Paus Fransiskus di depan para narapidana, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (30/3/2018).

Ini adalah keempat kalinya Paus Fransiskus merayakan Misa Kudus di penjara Italia, sejak ia dilantik pada 13 Maret 2013.

Paus Fransiskus mendapat ciuman seorang narapidana usai mencuci dan mencium kakinya selama berkunjung ke pusat penahanan di Roma, Italia, Kamis (29/3). Kunjungannya ini untuk merayakan

"Saya harap, dengan menjenguk orang sakit, mendatangi penjara, bisa membuat mereka merasa bahwa harapan dari rehabilitasi masih ada, itulah yang diajarkan Gereja," ucapnya.

Tahun ini, 12 narapidana yang kakinya dibasuh oleh Paus Fransiskus

berasal dari Italia, Filipina, Maroko, Kolombia, Moldova, Sierra Leone dan Nigeria.

Ritual basuh kaki, yang dilakukan setiap tahun pada Maundy atau Kamis Suci, dimaksudkan untuk memperingati Perjamuan Terakhir Yesus Kristus dengan para pengikutnya.

Dalam tradisi Kristen dikatakan bahwa Yesus telah membasuh kaki mereka sebelum jamuan makan dimulai, dengan sikap rendah hati.

"Aku orang berdosa sepertimu, tetapi hari ini aku mewakili Yesus... Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, tidak pernah lelah memaafkan kita," sebut Paus Fransiskus.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalankan Ritual di Luar Vatikan

Sejak terpilih pada tahun 2013, Paus Fransiskus telah memindahkan ritual pencucian kaki ke luar Vatikan. Biasanya, ia mengunjungi tempat-tempat yang masih banyak dijumpai orang-orang terpinggirkan.

Pada tahun pertamanya, lapas khusus remaja, di mana ia membasuh kaki sekelompok narapidana muda, termasuk dua Muslim.

Pada 2014, ia mencuci kaki para orang tua dan penyandang disabilitas. Pada 2015, ia menjalankan ritual tersebut di penjara, dan pada 2016 ia memilih pusat penampungan migran.

Tahun lalu, Paus Fransiskus pergi ke penjara Paliano yang berada di luar Roma. Di sana, ia mencuci kaki mantan anggota mafia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini