Sukses

Stadion 'Kembaran' GBK di Rusia Raih Gelar Terbaik Dunia

Liputan6.com, Moskow - Sebuah stadion sepak bola di Moskow, Rusia, yang menjadi inspirasi bagi Stadion Gelora Bung Karno atau GBK di Jakarta, meraih gelar 'terbaik' menurut versi laman polling populer.

Stadion Luzhniki di Moskow -- yang baru saja dibuka kembali pascarenovasi -- berhasil meraih gelar tersebut usai bersaing ketat dengan U Arena di Prancis (#2) dan Stadion Mercedes-Benz di AS (#3).

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Stadion Luzhniki Rusia dan sekaligus tuan rumah pertandingan pembuka dan penutup Piala Dunia FIFA 2018, meraih gelar Stadion Terbaik Tahun Ini," demikian hasil polling Stadion Database yang dirilis di laman resmi mereka stadiumdb.com, seperti dikutip dari RBTH Indonesia (13/3/2018).

Stadion yang digadang-gadang sebagai kembaran GBK itu menjadi tantangan berat bagi arsiteknya selama masa rekonstruksi. Para perancang mempertahankan "kulit luar" stadion yang historis, tapi, merombak seluruh bagian dalamnya.

"Ukuran dan nilai historis Luzhniki merupakan tantangan yang sangat berat bagi mereka yang terlibat dalam proyek renovasi stadion," kata Dr. Maria Sipinska-Malaszynska satu-satunya anggota perempuan dalam dewan juri penilaian tersebut.

"Terletak di pusat sejarah kota, stadion ini pasti akan dilihat sebagai tempat wisata yang penting," lanjut Sipinska-Malaszynska mengomentari stadion kembaran GBK yang terletak di Moskow, Rusia itu.

1 dari 2 halaman

Ini Wajah Baru Stadion GBK yang Diresmikan Jokowi

Pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia yang dihadiri Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan menandai peresmian wajah baru Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Laga ini sekaligus menjadi pertandingan sepak bola pertama di Stadion GBK yang baru.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Minggu (14/1/2018), banyak perubahan yang dilakukan pada stadion bersejarah ini. Kursi penonton kini seluruhnya menggunakan jenis single seat dengan perpaduan warna merah putih.

Kapasitas penonton pun ditingkatkan menjadi 76 ribu. Sementara, kursi pemain tim official dan tamu undangan dirancang dengan sangat mewah yang didominasi warna merah.

Lampu stadion GBK juga memakai pencahayaan spektakuler dengan 600 buah lampu berkekuatan hd 3000 lux. Tak ketinggalan rumput lapangan berstandar FIFA yang menggunakan jenis rumput manila dengan ketinggian 2,35 sampai 3 cm.

Berikut videonya:

Artikel Selanjutnya
Tunggu Suami Pulang, Wanita Ini Ternyata Lupa Sudah Cerai
Artikel Selanjutnya
Geger Temuan Tas Berisi 27 Pasang Potongan Tangan Manusia