Sukses

Ajari Anak soal Keselamatan, SD di Australia Datangkan Buaya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu buaya terbesar yang pernah berhasil ditangkap di Nitmiluk Gorge, Kawasan Utara Australia atau Northern Teritory (NT) dibawa ke sebuah sekolah dasar setempat.

Binatang buas itu didatangkan untuk mencegah anak-anak berenang di perairan di negara bagian itu.

Seekor buaya air asin berukuran 3,92 meter yang berhasil ditangkap pada hari Selasa 6 Maret 2018 lalu ini diyakini merupakan tangkapan buaya kedua terbesar di kawasan Gorge, 30 kilometer sebelah utara Katherine.

Baru dua minggu yang lalu, seekor buaya berukuran panjang 3,97 meter ditarik dari jebakan yang sama.

Setelah melepaskan buaya dari perangkap dan mengikatnya ke sebuah trailer, petugas penjaga Taman dan Satwa Liar menarik trailer itu ke Sekolah Dasar Katherine South untuk mengajar para siswa di sekolah itu tentang keselamatan dari bahaya serangan buaya.

Sementara seorang anak berusia 11 tahun mengatakan bahwa dia sudah sering kali melihat buaya dan setuju kalau buaya adalah "hewan yang tidak biasa".

Sejumlah siswa yang lain mengatakan bahwa dia tidak hanya berpikir dua kali, tapi "mungkin sekitar tiga kali" sebelum memasuki perairan di NT, demikian seperti dikutip dari The Australian Plus pada Kamis (8/3/2018).

"Buaya bisa saja merobek saya sampai hancur," kata seorang anak berusia 11 tahun.

"Saya bahkan tidak akan menyentuhnya," kata seorang anak berusia tujuh tahun yang lain.

"Saya berpikir mungkin saja buaya itu terbangun dan akan berkeliling di sekitar sekolah dan mungkin bisa memakan orang," kata bocah tentang buaya itu.

 

1 dari 2 halaman

Kesempatan Bagus

Petugas Taman dan Margasatwa, Erin Britton mengatakan bahwa penting bagi siswa untuk diajarkan mengenai keselamatan dari serangan buaya, karena mereka tinggal di dekat sungai. Dan penangkapan buaya terbaru adalah kesempatan bagus agar anak-anak dapat mengerti tentang bahaya reptil itu. 

"Ini adalah kesempatan bagus bagi anak-anak ini untuk datang dan melihat seperti apa buaya itu," katanya.

"Anak-anak selalu terkejut melihat betapa lembutnya kulit buaya. Mereka menyentuhnya dan ini bukan kesan yang selama ini mereka miliki mengenai seperti apa buaya itu sesungguhnya," lanjutnya.

Erin Britton mengatakan, buaya biasa melakukan perjalanan melalui sungai ke pedalaman, bahkan di akhir musim hujan, dan dia memperkirakan beberapa ekor buaya lainnya akan dapat ditangkap di Sungai Katherine.

"Ada banyak buaya berkeliaran di saat volume air di Sungai Katherine meningkat, jadi mereka bisa berada di mana saja," katanya.

Artikel Selanjutnya
Pernikahan Sesama Jenis di Australia Ini Hanya Mampu Bertahan 48 Hari
Artikel Selanjutnya
Australia-Timor Leste Setuju Berbagi Kekayaan Migas di Celah Timor