Sukses

Ini 7 Perceraian Tokoh Dunia yang Paling Menggemparkan

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai gugatan cerai yang dilayangkan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara membuat geger netizen pagi ini.

Pantauan Liputan6.com, Senin (8/1/2017), surat gugatan cerai tersebut bertanggal 5 Januari 2018 dan diajukan dengan pendampingan hukum oleh perwakilan dari firma hukum Fify Lety Indra & Partners. Hingga artikel ini ditulis, belum ada informasi lanjutan mengenai kabar ini.

Perceraian kerap menjadi perhatian publik jika menyangkut nama-nama populer, termasuk para pemimpin politik. Ada yang disebabkan skandal, dan ada yang pula berpisah baik-baik karena alasan tertentu.

Masih segar di ingatan ketika mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao mengumumkan perpisahan dengan istrinya, Kristy Sword, pada 2015 lalu. Meskipun dilakukan dengan baik-baik, kabar perceraian tersebut tetap membuat publik berduka.

Begitu pun dengan kabar mendiang Nelson Mandela yang dikhianati istri pertamanya, Winnie Mandela, menjadi perbincangan luas sejak terungkap ke publik pada 1992 silam. Pemberitaan media pun seperti tidak ada habisnya mengulik beragam sisi cerita dari skandal tersebut.

Kembali lagi, pada dasarnya kabar tentang perceraian para tokoh publik memang merupakan subyek berita yang berpotensi menyedot atensi luas. Selain Xanana dan Mandela, berikut adalah daftar 9 pemimpin dunia yang cerai dengan pasangan hidupnya.

 

 

1 dari 9 halaman

Presiden Nicolas Sarkozy – Prancis

Beberapa waktu sebelum resmi dilantik sebagai Presiden Prancis ke-23 pada 2007 lalu, Nicolas Sarkozy menceraikan Cécilia Attia yang telah mendampinginya selama 11 tahun.

Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Louis Sarkozy. Sebelumnya, Sarkozy juga sempat bercerai dengan istri pertamanya, Marie-Dominique Culioli yang telah memberinya dua orang putra, Jean Sarkozy dan Pierre Sarkozy.

Kini, Sarkozy hidup berumah tangga dengan mantan model Carla Bruni dan dikaruniai seorang putri bernama Giulia Sarkozy.

2 dari 9 halaman

PM Silvio Berlusconi – Italia

Perdana menteri yang dikenal flamboyan ini diceraikan oleh Veronica Lario, istri keduanya, pada 2009 silam.

Veronica meminta pisah karena sang suami kedapatan berselingkuh dengan Naomi Letizia, seorang model berusia 18 tahun.

Butuh waktu 3 tahun lamanya hingga proses perceraian keduanya selesai di pertengahan 2012.

3 dari 9 halaman

Presiden Vladimir Putin – Rusia

Sudah 30 tahun lamanya Putin membina rumah tangga dengan bekas teman sekolahnya, Lyudmilla, hingga mendadak di 2013, keduanya resmi bercerai.

Keduanya dianugerahi dua orang putri, Yekaterina Putina dan Mariya Putina.

Keduanya mengaku bercerai dengan baik-baik. Namun publik Rusia menduga hal tersebut disebabkan oleh adanya pihak ketiga yang konon merupakan pesenam sekaligus balerina muda.

4 dari 9 halaman

Presiden Alvaro Colom – Guatemala

Ada sebuah alasan unik yang melatarbelakangi perceraian antara Presiden Alvaro Colom dan istrinya, Sandra Torres, pada 2011 silam, yakni keinginan sang istri untuk maju dalam Pemilu Presiden di tahun yang sama.

Meskipun gugatan cerai dikabulkan, Torres tetap tidak diizinkan oleh pemerintah Guatemala untuk bertarung di pemilu. Torres akhirnya bisa berlaga di pemilu Guatemala, tetapi kalah suara. 

5 dari 9 halaman

PM Hans Göran Persson – Swedia

Pada bulan Desember 2002 silam, PM Swedia kala itu, Hans Göran Persson, mengajukan cerai kepada sang istri, Annika, yang telah dinikahinya selama hampir 8 tahun lamanya.

Pada April 2003, keduanya pun resmi bercerai, tetapi tidak pernah diketahui apa alasan utama di balik keputusan tersebut. Publik hanya tahu kedua sama sekali belum memiliki buah hati selama berumah tangga.

6 dari 9 halaman

PM Xanana Gusmao – Timor Leste

Perjuangan bersama memerdekakan Timor Leste ternyata tidak mampu membuat pasangan Xanana Gusmao dan Kristy Sword mempertahankan biduk rumah tangganya.

Pada 2015, keduanya pun mengakhiri pernikahan yang telah dilakoni selama 15 tahun dengan alasan keputusan bersama secara sadar.

Keduanya kini hidup berpisah negara, Xanana tetap di Timor Leste, dan Kristy bersama tiga putranya menetap di kota Melbourne, Australia.

7 dari 9 halaman

Presiden Nelson Mandela – Afrika Selatan

Sejatinya, mendiang Nelson Mandela telah mengetahui pengkhianatan yang dilakukan oleh mantan istrinya, Winnie Mandela, sebelum sebuah surat tanpa membeberkan skandal busuk tersebut.

Winnie diketahui main hati dengan seorang pengacara yang lebih muda 30 tahun bernama Dali Mpofu.

Belakangan, surat yang diketahui ditulis sendiri oleh Winnie itu mengungkapkan bahwa Mpofu pernah diberikan uang sebesar 160.000 rand (Rp 17,4 juta) yang diambil dari kas African National Congress (AFC).

Perceraian tersebut memakan waktu 4 tahun, dan hakim resmi mengetuk palu cerai pada Maret 1996.

8 dari 9 halaman

Beberapa pemimpin dunia lainnya yang bercerai

Skandal perselingkuhan dan ketidakharmonisan yang berawal dari kurangnya komunikasi menjadi alasan bagi banyak kasus perceraian para pemimpin dunia lainnya.

Mantan Presiden Peru sebanyak 2 periode, Alan García, bercerai dengan istrinya, Pilar, pada Mei 2011 karena alasan ia memiliki anak bersama wanita lain.

Pada 2012 lalu, mantan Perdana Menteri Swedia, Fredrik Reinfeldt, bercerai dengan istrinya, Filippa, setelah menikah 20 tahun dan memiliki 3 orang anak.

Mantan presiden Venezuela, Hugo Chavez, menceraikan istri keduanya, Marisabel Rordriguez, pada 2004 lalu karena alasan istrinya tidak mampu mengendalikan emosinya yang kerap meledak-ledak.

Salah satu bekas pemimpin Yunani, Andreas Papandreou, menceraikan istri yang telah dinikahi selama 38 tahun hanya untuk berpaling pada seorang mantan pramugari yang berusia jauh lebih muda darinya.

Artikel Selanjutnya
Soal Isu Perceraian Ahok, Ruben Onsu: Dia Juga Manusia
Artikel Selanjutnya
Pujian Ahok untuk Veronica dari Balik Bui