Sukses

Limbah Pabrik, Alasan Anjing di Mumbai Berwarna Biru

Banyak pabrik di kawasan industri Tolaja, Mumbai, membuang limbah ke sungai tempat anjing mencari makan, minum, dan berenang.

Liputan6.com, Mumbai - Sebuah posting-an di Facebook bertanggal 9 Agustus 2017 memperlihatkan seekor anjing berwarna biru di Mumbai viral. Hal itu membuat kelompok penyayang binatang mendesak pemerintah untuk segera menginvestigasi penyebabnya.

Setelah ditelisik, anjing tersebut berwarna biru karena kerap makan, minum, dan bermain di Sungai Kasadi, Mumbai, di mana sebuah perusahaan manufaktur membuang limbahnya semena-mena. Akibatnya, terdapat 11 hewan berkaki empat yang lama-kelamaan berubah menjadi biru.

"Sangat mengagetkan melihat bulu anjing berwarna putih berubah jadi biru," kata Arati Chauhan, Kepala Navi Mumbai Animal Protection Cell, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (22/8/2017).

"Kami sudah mendapatkan lima anjing untuk diperiksa, hasilnya mengejutkan sehingga kami meminta badan pengendali polusi untuk mengambil langkah terhadap industri yang buang limbah sembarangan," katanya lagi.

Chauhan mengunggah foto-foto anjing biru itu di Facebook.

"Polusi dari kawasan Tolaja Industrial, tak hanya merusak air dan tubuh manusia, tapi juga berdampak pada hewan, burung, dan reptil," tulisnya.

Badan Pengendali Lingkungan, Maharashtra, segera menginvestigasi temuan anjing biru. Setelah mendapatkan hasil, mereka menutup pabrik tersebut.

Ratusan pabrik berdiri di sepanjang Sungai Kasadi. Menurut data dari Watchdog Foundation, ada sekitar 977 pabrik kimia, obat-obatan, mesin hingga makanan di kawasan industri Taloja di luar Kota Mumbai.

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.