Sukses

Istri Kim Jong-un Diam-Diam Lahirkan Putra Mahkota?

Sol-ju akhirnya muncul mendampingi sang suami setelah absen selama delapan bulan. Menimbulkan banyak spekulasi ia hamil atau 'dihilangkan'.

Liputan6.com, Pyongyang - Misteri menghilangnya istri Kim Jong-un mungkin terjawab sudah. Ada kemungkinan Ri Sol-ju melahirkan tiran kecil buah cintanya dengan penguasa Korea Utara itu untuk melanjutkan kejayaan rezimnya

Sol-ju akhirnya muncul mendampingi sang suami setelah 'hilang' selama delapan bulan. Menimbulkan banyak spekulasi ia hamil atau 'dihilangkankan'.

Dilansir news.com.au yang mengutip The Sun pada Senin (12/12/2016), sebelumnya ada rumor yang menyebar mengatakan Sol-ju 'berkhianat' kepada Kim dan menghilang lalu membawa bayi mereka.

Para pengamat Korea Utara takut Sol-ju mungkin telah dihukum oleh suami atau telah bertengkar dengan adik iparnya yang juga sama-sama mengancam, Kim Yo-jong.

Seorang pengamat Korea Utara mengatakan kepada Yonhap News Agency, "Ri muncul di acara-acara publik tahunan setiap dua bulan sekali tahun lalu, namun belum muncul di depan publik selama lebih dari tujuh bulan tahun ini. "

Menurut pengamat, hal itu cukup luar biasa. Beberapa sumber berspekulasi hilangnya Ri mungkin terkait dengan kegiatannya dengan adik Kim muda Kim Yo-jong.

Tapi sejauh ini masih belum jelas apakah ia benar melahirkan tiran kecil pelanjut dinasti negeri yang menutup diri.

Kim Jong-un meninjau bandara baru Pyongyang bersama istri. (KCNA)

Namun, rahasia menghilangnya sang istri mungkin akan tetap terkubur. Hal itu dikemukakan oleh pembelot profil tinggi Jang Jin-sung yang mengatakan kebenaran akan menjadi rahasia yang dijaga ketat di antara elit rezim.

Jang melarikan diri negara itu pada tahun 2004 setelah mengukir amanya sebagai penyair dari Korea Utara dan bahkan setelah mengadakan pertemuan dengan pemimpin Kim Jong-il.

Setelah melarikan diri, ia membantu dinas intelijen Korea Selatan untuk memerangi Utara, tetapi hanya bisa menebak alasan hilangnya istri Kim itu dari mata publik.

Berbicara kepada Daily Star Online, Jang mengatakan, "Jika saya mengaku tahu apa yang terjadi, itu akan menjadi sebuah kebohongan. Karena itu adalah rahasia elite rezim. Para pemegang rahasia itu akan menuduh bohong bagi siapapun yang berkhianat."

Kim Jong-Un didampingi istrinya meninjau bandara udara baru. (KCNA)

Rezim berhasil menjaga rahasia kelahiran tiran anak pertama dari dunia - berita tentang putri Kim bernama Kim Ju-ae hanya muncul melalui bintang basket Dennis Rodman.

Mantan pemain NBA menjadi sahabat dengan Kim - yang kebetulan mencintai olahraga Amerika - setelah mengunjungi Korea Utara pada tahun 2013.

Ini berarti pengumuman resmi dari setiap kelahiran lebih akan menjadi tidak mungkin - kecuali Rodman membuat kunjungan lagi.

Tingkat kerahasiaan yang sama terjadi saat negeri itu dipimpin oleh para pemimpin sebelumnya. Hal itu diungkapkan oleh pembelot lainnya Kim Joo-il, yang kabur dari Korut pada 2007.


"Ketika saya masih di Utara saya tidak tahu siapa anak Kim Jong-il. saya tidak tahu tentang Kim Jong-nam, Kim Jong-un - tidak satupun dari mereka," kata Joo-il kepada The Star.

Semua yang diketahui adalah first lady Korea Utara terakhir kali terlihat di depan publik dengan suaminya Kim yang gemuk pada pembangunan komersial baru dibangun di Pyongyang pada 8 Maret tahun ini.

36 minggu kemudian dia kembali muncul di sisinya pada 5 Desember untuk mengamati demonstrasi angkatan udara di pangkalan militer.

Interval antara penampakan hanya singkat bulan lamanya kehamilan rata-rata sembilan bulan. Tapi masih banyak waktu untuk hamil, membawa dan melahirkan bayi yang sehat.

Penampilan terakhir Kim Jong-un dan sang istri, Ri Sol-ju saat menonton pertunjukan musik pada Maret lalu (Reuters)

First lady Korea Utara itu jarang terlihat di muka umum.

Sol-ju secara terbuka bergabung Kim dalam 22 kali kesempatan pada 2013, 15 kali 2014 dan hanya tujuh kali di tahun lalu dan empat tahun ini, tulis Yonhap News Agency.

Tradisi Korea Utara menyatakan bahwa para pemimpin harus diberikan kepada ahli waris laki-laki. Dengan demikian Kim tidak bisa menyerahkan rezimnya untuk anak sulungnya karena dia perempuan. Oleh karena itu, berharap bahwa anak kedua adalah laki-laki.

Mengomentari dalam memoarnya, Dear Leader, Jang mencatat bahwa "Korea Utara adalah masyarakat patriarki, yang langsung dari konfusianisme feodal ke dinasti Kim."

Sementara kita hanya bisa berspekulasi bahwa Kim memiliki seorang putra yang baru, yang kelak menjadi pemimpin tertinggi berikutnya dari bangsa yang mengisolasikan diri itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini