Sukses

10 Ilustrasi Kehidupan Sebelum dan Setelah Ada Internet

Bagaimana kehidupan manusia sebelum ada Google dan Media Sosial?

Liputan6.com, Jakarta - Internet memasuki kehidupan manusia dengan tujuan mempermudah masyarakat. Jaringan yang dapat menghubungkan seluruh orang di dunia itu hampir ada dalam setiap aspek kegiatan. 

Seperti bermain, berbincang-bincang, hiburan, bahkan pendidikan, semuanya dipermudah oleh internet. 

Namun 'ketergantungan' masyarakat dengan internet menimbulkan pro dan kontra. Ada yang mengatakan itu adalah hal yang bagus, ada pula yang mengatakan jaringan tersebut menimbulkan dampak negatif. 

Seperti contohnya saja, cara bermain anak. Jika dulu mereka lebih banyak bermain di luar, kini anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan handphone, dari pada bermain dengan teman. 

Tidak hanya itu, berikut Selengkapnya 10 ilustrasi kocak perbedaan kehidupan sehari-hari, sebelum dan setelah internet mendominasi kehidupan, seperti dikutip dari Architectfeed.com, Minggu (4/12/2016).

1. Pola Bermain Anak

Bermain anak (Ilustrasi/architectfeed.com)

Anak-anak yang besar pada tahun 1990-an tahu betul bagaimana asyiknya bermain di luar rumah. Dulu orangtua akan memarahi anak mereka karena susah diajak pulang. 

Sementara sekarang, anak-anak justru susah disuruh keluar rumah untuk bermain. Mereka lebih suka berdiam diri di dalam kamar, sambil memegang gadget mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Berlibur

2. Persiapan Liburan

Persiapan Liburan (Ilustrasi/architectfeed.com)

Sebelum internet mendominasi kehidupan manusia, orang yang akan pergi berlibur pada umumnya akan menyiapkan kamera analog  lengkap dengan film rol. Teknologi lantas berkembang menjadikan kamera digital. 

Namun sekarang, mereka tetap mempersiapkan kamera, tapi lengkap dengan tongsis atau tongkat selfie. 

3. Berlibur

Liburan (Ilustrasi/architectfeed.com)

Sama halnya dengan persiapan liburan, bertamasya pun juga mengalami perubahan. Dulu, jika seseorang berlibur, mereka benar-benar mencari suatu tempat yang ingin mereka kunjungi dan menikmati perjalanan libur mereka.

Namun sekarang, tujuan utama berlibur adalah mendapatkan foto bagus untuk diunggah ke dalam akun media sosial seperti Instagram, Path, Facebook, dan Twitter.

3 dari 6 halaman

Memasak dan Meminta Bantuan

4. Memasak

Memasak (Ilustrasi/architectfeed.com)

Saat mengalami kesulitan dalam memasak, seorang perempuan biasanya akan meminta bantuan dengan menelepon orangtuanya. Namun sekarang semuanya tinggal dicari dalam laman Google, dan Anda dapat masak apapun yang disuka. 

5. Meminta Bantuan

Meminta bantuan (Ilustrasi/architectfeed.com)

Pernahkah Anda mengalami kejadian lupa membawa handuk saat mandi? Atau kehabisan tisu toilet saat sedang buang air besar? Apa yang Anda lakukan?

Jawabnnya bisa berbeda-beda. Sebelum zaman serba modern seperti sekarang, seseorang yang berada dalam kondisi itu biasanya akan berteriak minta tolong.

Namun sekarang seseorang bisa menghemat energi dengan mengirimkan pesan singkat. 

4 dari 6 halaman

Asmara dan Tontonan

6. Mencari Kekasih atau Tebar Pesona

Menggoda perempuan (Ilustrasi/architectfeed.com)

Seorang pria yang tumbuh dewasa sebelum ada internet tahu bagaimana rasanya 'menggoda' pujaan hati mereka secara langsung tanpa bantuan orang lain. Mereka akan mendekati dan menanyakan hal-hal yang terkesan konyol. 

Namun sekarang, hal tersebut sudah jarang terjadi. Pria akan mencoba mendekati atau menggombali perempuan yang disuka melalui media sosial. 

7. Menyaksikan Film Bersambung

Menonton film bersambung (Ilustrasi/architectfeed.com)

Anda yang tumbuh besar pada tahun 1990-an tentu tahu bagaimana rasanya menunggun kelanjutan film kesayangan Anda, yang ditayangkan ahanya satu kali seminggu. 

Berbeda dengan teknologi serba cepat sekarang, Tidak hanya 1 episode, dalam waktu beberapa hari saja Anda mungkin dapat menyaksikan 10 atau 15 episode sekaligus. 

Hanya saja Anda harus menunggu kelanjutan dari musim selanjutnya tahun depan.

5 dari 6 halaman

Cemburu dan Informasi

8. Kecemburuan

Kecemburuan (Ilustrasi/architectfeed.com)

Dulu kecemburuan seorang perempuan terhadap kekasihnya terjadi karena, sang pria mencoba melirik wanita lain di depannya. 

Kecemburuan itu masih ada hingga sekarang, hanya saja bertambah dengan adanya rasa tidak suka jika kekasihnya 'menyukai' status atau foto perempuan lain dalam media sosial. 

9. Pemberitahuan 

Membuat pengumuman (Ilustrasi/architectfeed.com)

Pada zaman ketika surat kabar cetak masih berjaya, apapun akan dimuat orang ke lamannya. Termasuk informasi penjualan barang pribadi seperti mobil. 

Namun sekarang, dengan adanya internet sudah jarang ditemukan iklan pribadi dalam laman cetak. Seseorang biasanya akan menyebarkan informasi tersebut melalui pesan internet. 

6 dari 6 halaman

Akses Dunia

10. Mendapatkan Informasi

Mencari Informnasi (Ilustrasi/architectfeed.com)

Dulu mungkin Anda pernah berandai-andai, bagaimana jika manusia dapat mengakses seluruh informasi yang ada di dunia dalam sekejap.

Sekarang 'mimpi' itu terwujud, dengan adanya internet yang bisa menyambungkan dan memberikan semua informasi yang dibutuhkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini