Sukses

Baru 26 Tahun, Perempuan Ini Jadi Kapten Penerbang

Kate McWilliams menjadi kapten penerbang di maskapai easyJet. Perempuan termuda yang menduduki jabatan itu.

Liputan6.com, London - Warga Inggris ini menjadi perempuan termuda yang menjadi kapten dalam penerbangan komersial. Usianya baru 26 tahun.

Wanita bernama Kate McWilliams yang berasal dari Carlisle itu mengatakan bahwa hampir setiap hari ia ditanyai tentang usianya oleh awak pesawat dan penumpang.

Kebanyakan orang "terkejut dan terkesan" ketika ia menyebutkan usianya.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (26/9/2016), McWilliams mulai menjadi kadet udara pada usia 13 tahun sebelum melanjutkan program pelatihan CTC Aviation di Southampton, Inggris, pada hari ulang tahunnya ke-19.

Ia kemudian bergabung dengan easyJet sebagai perwira pertama atau kopilot pada Mei 2011. Baru-baru ini ia naik pangkat menjadi kapten setelah lulus kursus kepemimpinan.

Juru bicara easyJet mengatakan bahwa pihaknya menduga McWilliam sebagai kapten termuda penerbangan komersial.

"Secara pribadi, menurut saya usia tidak masalah. Saya telah melewati pelatihan yang sama dan lulus kursus kepemimpinan seperti kapten lainnya, sehingga saya sudah membuktikan bahwa saya mampu tanpa peduli usia saya," kata McWilliams.

"Sekarang saya ditanyai usia hampir setiap hari, padahal tidak demikian halnya waktu menjadi kopilot."

McWilliams tinggal di Regate, Surrey, dan berpangkalan di Gatwick. Ia menerbangkan Airbus A319 dan A320 ke kira-kira 100 tujuan, misalnya Reykjavik, Tel Aviv dan Marrakech.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melangkah Maju

Wanita itu mengatakan bahwa sewaktu kecil ia tidak pernah bercita-cita menjadi pilot pesawat komersial. Namun, semenjak memulai pelatihan, ia "tidak pernah menoleh ke belakang".

"Saya senang menjadi pilot komersial untuk easyJet dan bangga telah menraih ambisi saya menjadi kapten," kata dia.

Hanya ada 5 persen pilot wanita, tapi pada tahun ini easyJet mengumumkan akan menggandakan jumlah penerbang perempuan mereka menjadi 12 persen dalam dua tahun ke depan.

Julie Westhorp, pemimpin British Women Pilots' Association (BWPA), berharap kemajuan McWilliams memberi inspirasi bagi lebih banyak wanita untuk tertarik kepada karier bidang aviasi.

Katanya, "BWPA dan easyJet menyadari pentingnya model teladan bagi anak perempuan dan wanita muda ketika melakukan pilihan karier dan kami bekerja bersama untuk menarik kaum muda wanita agar mempertimbangkan karier sebagai pilot."

Pekan lalu, McWilliams menerbangkan pesawat dari Gatwick ke Malta bersama-sama dengan Luke Elsworth, yang di awal tahun ini menjadi pilot termuda Inggris pada usia 19.

Sementara itu, seorang pria bernama Michael Crowley mendapat promosi sebagai kapten termuda di perusahaan penerbangan sewaan SkyKing pada saat berusia 24 tahun. Ia menerbangkan Boeing 737 antara Miami dan Kuba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini