Sukses

Ini 4 Orang yang Paling Mencuri Perhatian di Pembukaan Olimpiade

Di tengah hingar bingar dan pesta kembang api pembukaan Olimpiade 2016, ada sejumlah individu yang mampu mencuri perhatian.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Pesta pembukaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro membuktikan Brasil layak menjadi tuan rumah ajang olahraga sejagat. Meski sedang dilanda krisis ekonomi dan politik serta dibayang-bayangi momok penyebaran virus Zika, terbukti pagelaran berlangsung sukses.

Dengan dana yang minim, 12 kali lebih kecil dari pembukaan Olimpiade di London, dan 20 kali lebih irit dari Olimpiade Beijing, koreografi yang dipertontonkan di Rio de Janeiro menghentakkan dunia karena mewakili pernyataan tentang situasi sosial dan tantangan untuk planet manusia dan seisinya.

Ada video yang menunjukkan dampak pemanasan global serta permukaan laut yang meninggi. Setiap kontingen membawa bibit pohon langka asal Negeri Samba. Bahkan, cincin Olimpiade juga berwarna hijau, merepresentasikan pepohonan dan hutan.

Juga dipaparkan sejarah Brasil dari era kolonial hingga modern dalam pertunjukan yang meriah.

Namun, di tengah hingar bingar dan pesta kembang api yang berpadu dengan sorot lampu, ada sejumlah individu yang mampu mencuri perhatian pengunjung dan jutaan mata penduduk dunia yang menyaksikan acara pembukaan Olimpiade 2016.

Ada yang memikat karena keindahan fisiknya, dipuji atas prestasinya, atau bahkan dicemooh. Siapa saja mereka?

Berikut empat orang yang paling mencuri perhatian dalam acara pembukaan Olimpiade 2016:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Supermodel Seksi

1. Gisele Bundchen

Supermodel Gisele Bundchen yang tampil seksi dan memukau para penonton dengan gaun panjang berwarna emas karya perancang Brasil, Alexandre Herchcovitch.

 Gisele Bundchen (REUTERS/Mike Blake)

"Ini adalah catwalk terpanjang, dengan penonton terbanyak dalam hidupku," kata Bundchen kepada People. Sang supermodel mengaku sedikit gugup.

Dengan lampu yang memukau Model Gisele Bundchen berjalan di atas panggung dengan gaun mengkilapnya di upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016, Rio de Janeiro, Brasil, (5/8). (REUTERS / Mike Blake)

Perempuan berusia 36 tahun itu sudah pensiun dari dunia model yang membesarkan namanya tahun lalu. Namun, ia rela kembali melenggang di atas catwalk. Ia melakukan itu demi negerinya.

3 dari 5 halaman

Atlet Berlumur Baby Oil

2. Pita Taufatofua​

Pita Taufatofua​ didaulat menjadi pembawa bendera Tonga. Ia menarik perhatian gara-gara tubuh kekarnya yang six pack dan kinclong berkat dilumuri baby oil.

Atlet taekwondo asal Tonga, Pita Nikolas Taufatofua menarik perhatian penonton dalam defile kontingen dalam pembukaan Rio 2016, pada Sabtu (6/8/2016) di Maracana stadium, Rio de Janeiro.  OLIVIER MORIN / AFP

Penampilannya yang menonjol langsung menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Para netizen menjulukinya, "Tongan Hulk Hogan".

Pembawa bendera defile tim dari Tonga menarik perhatian dalam pembukaan Rio 2016. (BBC)

Taufatofua​ adalah atlet taekwondo pertama yang mewakili negaranya dalam ajang Olimpiade. Selain menjadi olahragawan, ia juga punya kerja sampingan menjadi model pria dan penasehat bagi kaum muda di negaranya.

4 dari 5 halaman

Pemimpin yang Dibenci

3. Michel Temer

Presiden sementara, Michel Temer, didaulat untuk meresmikan pembukaan Olimpiade 2016, setelah upacara yang berlangsung selama tiga jam.

"Saya menyatakan bahwa Games of Rio, merayakan Olimpiade XXXI pada era modern, resmi dibuka," kata Temer.

Presiden sementara Brasil, Michel Temer berdiri paling kanan (Reuters)

Tak ada sambutan atau tepuk tangan meriah yang menyambut pernyataan Temer. Justru cemoohan serta ejekan. Namun, tak lama kemudian kembang api yang meriah dan megah dinyalakan, menyinari langit malam.

Gegap gempita Olimpiade digelar di tengah cobaan beruntun yang menimpa Brasil: pertikaian politik yang berujung pada pemberhentian sementara Dilma Rousseff sebagai presiden, krisis ekonomi dan resesi yang tak kunjung berakhir, serta virus Zika yang mengancam--termasuk untuk para atlet yang berlaga dalam Olimpiade 2016.

Presiden Brasil Dilma Rousseff. (Reuters/Ueslei Marcelino)

Olimpiade 2016 seharusnya dibuka secara resmi oleh  Dilma Rousseff. Namun, perempuan presiden tersebut diberhentikan sementara selama 180 hari untuk menjalani sidang pemakzulan atas dirinya.

5 dari 5 halaman

Pengganti Pele

4. De Lima

Legenda sepakbola Brasil, Pele, tak bisa menghadiri acara pembukaan dengan alasan mengalami gangguan kesehatan.

Namun, dalam akun Twitternya, Pele menyampaikan dukungan. "Energi dan pikiran saya ada bersama Anda malam ini di Stadion Maracana. Tuhan memberkati Anda semua!!".

Legenda sepak bola Brasil, Pele, batal hadir pada upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016. (Reuters)

Peran Pele untuk menyalakan api Olimpiade digantikan Vanderlei Cordeiro de Lima, mantan atlet maraton.

Mantan atlet maraton Brasil Vanderlei Cordeiro de Lima menyalakan kaldron Olimpiade 2016. (Odd ANDERSEN / AFP)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini