Sukses

'Terlalu' Mirip Manusia, Boneka ini Dianggap Mengerikan

Boneka ciptaan Michael Zajkov dibuat se-detail mungkin. Mengagumkan atau mengerikan?

Liputan6.com, Moscow - Dalam membuat boneka, Michael Zajkov tidak main-main.

Boneka-boneka ciptaan seniman Rusia ini menarik perhatian netizen dan pengamat seni, karena wajahnya yang hampir mirip dengan manusia sungguhan.

Beberapa orang bahkan mengungkapkan bahwa saking miripnya, boneka itu justru terlihat 'mengerikan'.

Saking mendetail wajahnya, ada yang menganggap boneka buatan Zajkov mengerikan. (foto: Instagram/michael_zajkov)

Melalui akun Instagram Zajkov, ia mengunggah video dirinya melukis wajah para boneka yang terbuat dari tanah liat. Dan hingga kini telah mendapat lebih dari 70.000 followers. Dengan wajah dan tubuh yang dibuat se-mendetail mungkin, hingga kerutan dan lekukan terkecil, tim Liputan6.com pun bergidik saat memandangi wajah para boneka.

Unggahan-unggahan lain di antaranya menampilkan foto detail wajah dan tubuh boneka yang sudah selesai, sementara lainnya menunjukkan boneka yang dipajang di museum dengan pakaian lengkap.

Dikutip Huffington Post, Zajkov pertama kali memperkenalkan karyanya ke masyarakat pada tahun 2012 melalui pameran internasional "Art Dolls" keempat di Moscow.

Menariknya, dua tahun sebelum Zajkov selesaikan boneka pertamanya ketika masih menjadi mahasiswa Kuban State University of Russia jurusan seni patung boneka theater. Kini ia sudah lulus.

Baru dua tahun setelah lulus, Zajkov memamerkan bonekanya yang pertama. (foto: Instagram/michael_zajkov)

Boneka Karya Zajkov dibuat dari tanah liat polymer, dan setiap boneka memiliki 13 sendi, membuat mereka bisa bergerak bebas layaknya manusia. Sementara wig mereka dibuat dari bulu domba Prancis, dengan mata terbuat dari kaca oleh seniman Jerman.

Rambut dan pakaian para boneka pun kualitasnya tak sembarangan. (foto: Instagram/michael_zajkov)

Tak kalah menarikanya, gaun-gaun boneka dibuat dari bahan renda Prancis antik dan didesain gaya mode pada awal Abad ke-18. Sedangkan untuk sepatunya, Zajkov membuatnya sendiri. Salah satu video bahkan menunjukkan dirinya sedang menyusun sepatu boots mungil dengan tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini